Berita Terpopuler

Bukan Nilai,  Inilah Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di Sumedang

Bukan Nilai, Inilah Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di Sumedang

SUMEDANG,  Tinewss.com - Kesetaraan dan keadilan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang mewarnai kebijakan Kementrian Pendidikan,  yang akan diberlakukan juga di Kabupaten Sumedang. 

Demikian disampaikan H Dony Ahmad Munir,  Bupati Sumedang,  kepada sejumlah media pada jumpa pers di Ruang Media Center Pemkab Sumedang,  Jalan Prabu Gajah Agung.

Sumedang,  kata Bupati,  akan turut mengikuti aturan yang berlaku,  terlepas dari plus dan minusnya,  pro kontra. "Harapannya,  seluruh masyarakat sumedang yang berusia sekolah,  baik PAUD,  SD,  SMP,  dapat diakomodasi," kata Bupati.

Adapun sistem yang digunakan,  bupati menjelaskan ada 3 jalur penerimaan yaitu berdasarkan Zonasi,  Prestasi dan Perpindahan orang tua.

Masih menurut Bupati,  bahwa Sumedang di bagi menjadi 4 Zona.  Yaitu Zona 1, meliputi Tanjungsari,  Jatinangor,  Pamulihan,  Cimanggung,  dan Sukasari.

Zona 2 meliputi Sumedang Selatan,  Sumedang Utara,  Ganeas dan Rancakalong.

Zona 3 meliputi Kecamatan Cimalaka,  Paseh,  Tanjungkerta,  Tanjungmedar,  Cisarua,  Conggeang,  Buahdua,  Surian,  Ujungjaya,  Tomo,  Jatigede.

Zona 4 meliputi Situraja,  Cisitu, Darmaraja,  Cibugel,  Wado,  dan Jatinunggal. 

Sistem Zonasi inj mendapatkan porsi sebanyak maksimal 90 persen, sedangkan jalur prestasi 5 persen,  dan perpindahan orangtua sebesar 5 persen saja. 

Hadir bersama Bupati dalam kesempatan ini,  Sekda  Kabupaten Sumedang, Kepala Dinas Pendidikan, dan Kabag Humas.

Zonasi ini juga akan menjadi bahan bagi pementaan guru.  Kata Sonson Nur Ikhsan,  Kadisdik Sumedang.

"Bagi yang berkebutuhan khusus ada sekolah SLB,  namun ketika anak masuk ke sekolah regular, tidak akan ditolak," tegas Sonson. (Rauf Nuryama) ***


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kategori