Berita Terpopuler

Dalam Seminggu 660 Ha Hutan Di Sumedang Habis Terbakar

Dalam Seminggu 660 Ha Hutan Di Sumedang Habis Terbakar

Sumedang,  Tinewss.com - Dalam seminggu 659,10 Ha hutan dan lahan di Sumedang habis terbakar.  Hal ini,  terjadi salah satunya karena kemarau yang panjang. Demikiam disampaikan oleh Dandim 0610 Sumedang, Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han) kepada Tinewss.com siang ini (26/10/2019).


"Kemarau Panjang dan kekeringan mengakibatkan Kebakaran Hutan dan Lahan berturut-turut di Wilayah Kodim  Sumedang terhitung mulai tanggal 20 -25 Oktober 2019. Ini terjadi di 11 Lokasi kebakaran, lahan yang terbakar mencapai 659,10 Hektar," jelas Novi.  


Dandim menjelaskan berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan,  ke 11 titik itu masing adalah Gunung Tampomas,  Gunung Kareumbi, Hutan Blok Pasir Jangka di Tanjungmedar,  Gunung Tilu,  Pasir Rengganis,  Desa Kaduwulung Situraja,  Desa Buana Mekar Cibugel,  Gunung Kunci,  Desa Sukahayu Rancakalong,  Songgom di Surian, dan Gunung Palasari. 


"Dari sebelas titik yang terbakar,  masih ada dua titik yang masih dalam penanganan,  yaitu Gunung Tampomas dan Gunung Kareumbi, " terang Dandim. 


Adapun data lengkap 11 titik kebakaran di Sumedang, sebagaimana data yang disampaikan Pendim 0610 adalah sebagai berikut:


Pertama,  Hutan Gunung Tampomas.  Mulai terjadi kebakaran sejak 20 Oktober 2019, adapun  lahan yang terbakar seluas 350,10 Ha. Sampai hari ini,  Tim masih berusaha melakukan pemadaman.  Posko Penanggulangan Bencana yang semula berada di Desa Padasari, sejak 25 Oktober 2019 dipindahkan ke Dusun Narimbang Desa Jambu Kec. Congeang dikarenakan lokasi kebakaran sudah merembet kearah Kec. Congeang dan Kec. Paseh.


Kedua,  Kebakaran di hutan kawasan Gunung Kareumbi. Di lokasi ini terjadi sejak 21 Oktober 2019, dimana  lahan yang terbakar seluas 155 Ha. Kondisi terkini,  api masih menyala dan bara api masih terlihat. 


Ketiga,  kebakaran hutan Blok Pasir Jangka Kecamatan Tanjungmedar. Kebakaran yang terjadi sejak 21 Oktober 2019, dan membakar lahan sebanyak 21 Ha. Lokasi ini, api sudah padam.

  

Keempat,  Kebakaran hutan Gunung Tilu di Sumedang Selatan.  Sejak  23 Oktober 2019,  lahan yang terbakar sekitar 2 Ha, dan api sudah berhasil dipadamkan. 

 

Kelima,  Kebakaran Hutan Papsir Rengganis di Sumedang Selatan,  sejak  23 Oktober 2019. lahan yang terbakar 60 Ha,  api sudah padam.


Keenam,  Hutan Desa Kadu Wulung Kecamatan,  sejak 23 Oktober 2019   lahan yang terbakar sekitar 40 Ha, dan kondisi terakhir api sudah padam.


Ketujuh,  Kebakaran lahan tanah carik Desa Buana Mekar Kecamatan Cibugel,  tanggal 24 Oktober 2019, luas sekitar 10 Ha dan kondisi api sudah padam. 

 

Kedelapan,  Kebakaran hutan Gunung Kunci,  sejak 24 Oktober 2019,   lahan yang terbakar sekitar 200 Bata, dan api sudah padam.  

 

Kesembilan,  Kebakaran laham Desa Sukahayu Kecamatan Rancakalong,  sejak 24 Oktober 2019,  lahan yang terbakar 1 Ha,  dan api sudah padam. 


Kesepuluh,  Perkebunan di wilayah Songgom Kecamatan Surian,  sejak 25 Oktober 2019, adapun lahan yang terbakar seluas 5 Ha, kondisi api sudah padam. 

 

Kesebelas,  Gunung Palasari sejak 24 Oktober 2019, Hampir 15 Ha lahan terbakar, dan api sudah padam.  


Masih menurut Dandim,  kegiatan pemadaman dilakukan secara manual  dengan membuat ilaran dalam upaya penyekatan guna  melokalisir penyebaran api dari petak-petak yang terbakar sebelumnya  dengan kondisi lapangan berupa tumpukan batu dan medan terutama di wilayah Gunung Tampomas dan Gunung Kareumbi. (Agus B Arifin) ***




Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kategori