Berita Terpopuler

Dari Sukaratu, Gerakan Tanam 1 Juta Pohon Dimulai

Dari Sukaratu, Gerakan Tanam 1 Juta Pohon Dimulai

Darmaraja, Tinewss.com -  Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat melaksanakan Pencanangan Gerakan pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Nasional dan Launching bibit produktif tahun 2019. Kegiatan ini  berbarengan penanaman bibit pohon produktif  bertempat dilapangan Sukaratu Kecamatan Darmaraja, senin (18/11).


Kegiatan Gerakan Nasional DAS  dicanangkan Kadishut Provinsi Jawa Barat ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Sumedang dengan Dirjen PDASHL Kementrian LHK tentang pemanfaatan bibit dari persemaian permanen BPDASHL Cimanuk Citanduy dan surat perjanjian kerjasama antara kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumedang.

Ketua Penyelengara Kepala Bapedas HL Cimanuk Citanduy Ir. Rukmadayadi, M.Si dalam laporannya menyampaikan Gerakan Nasional DAS yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup merupakan peleburan dari Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2019. Tujuan kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi yang melibatkan multi pihak dan pemanfaatan teknologi sebagai upaya pemulihan DAS. Rasa Syukur bahwa Gerakan Nasional DAS yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan telah dimulai di Jawa Barat hari ini ditandai dengan penanaman pohon produktif. diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat Jawa Barat sehingga dapat dijadikan sebagai momentum kolaborasi semua elemen masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat  dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan.  "Sesuai dengan kebijakan Bapak Bupati bahwa pada tahun ini harus dialokasikan 1 juta maka  secara bertahap kami penuhi dari bibit persemaian permanen" terangnya.


Bupati  Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada BAPEDAS Cimanuk Citanduy dan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat yang telah berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Sumedang melaksanakan kegiatan penghijauan sekaligus launching bibit produktif. "Terimakasih kepada BAPEDAS Cimanuk Citanduy dan Dinas LHK Provinsi Jawa Barat yang melaksanakan sebuah kegiatan positif berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat Sumedang menjadikan sebuah gerakan untuk menanam dan merehabilitasi lahan kritis di Sumedang khususnya gunung dan daerah aliran sungai" ujarnya. (RN)



Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Surat Pembaca

Toilet UIN Sunan Gunung Djati Bandung Seperti Gudang Universitas seharusnya menjadi tempat yang n...

Cameliasari
Kategori