Di Sumedang, Situng KPU : Suara Prabowo Sandi 115,  ditulis 15

Di Sumedang, Situng KPU : Suara Prabowo Sandi 115, ditulis 15

SUMEDANG,TiNEWSS.Com - Proses penghitungan suara Pilpres 2019 melalui Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) memunculkan polemik di media sosial Facebook siang ini (5/5/2019) di Sumedang, Jawa Barat. Jumlah raihan suara paslon Pilpres jauh berbeda dengan jumlah suara sah.


Penelusuran tinewss.com, Minggu (5/5) pukul 11.45 WIB, di TPS 02, Desa Wado, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat paslon Pilpres 2019 Nomor Urut 01 mendapatkan suara 93 sedangkan No urut 02 mendapatkan suara 15, padahal jumlah suara sah 208, ada selilsih 100 suara.



 

img-1557036729.jpg


Hal ini terkuang oleh komentar di Facebook dari akun Dede Haidar Ali, yang menulis : “Di sumedang tps 2 desa wado kec. Wado suara prabowo harusnya 115 d situng web kpu malah d tulis 15..😥

img-1557036801.jpg


Tinewss.com, kemudian melakukan pengecekan di data Situng KPU, namun sayangnya, tidak ada data pindai C1 yang biasanya dilampirkan. Konfirmasi kepada Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi, mengatakan bahwa masih dalam proses. “Ini Masih proses kang, Masih belum selesai” jawab Ogi melalui akun WhatsApp.

Sedangkan komisioner KPU Sumedang lainnya, Iyan mengatakan, “Salah input kang kayanya, nanti kami perbaiki”. Ketika ditanya lebih lanjut, kenapa KPU Sumedang masih banyak pindai C1 nya belum ada, Iyan menyampaikan bahwa itu semuanya juga masih dalam proses, dan bukan Sumedang saja. Rata-rata semua kabupaten juga belum ada yang 100%.


Namun ketika Kami melakukan pengecekan melalui website : https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/ Padahal ternyata TPS tersebut sudah 100%.


Pasangan Calon Presiden Prabowo Sandiaga Uno, dalam input data di Situng KPU, tertulis mendapat 15 suara. Padahal, sebagaimana disampaikan oleh netizen dan selisih angka yang ada di data KPU seharusnya sebanyak 115 suara, sehingga mengurangi suara 02 sebanyak 100 suara.

Kekeliruan input data tersebut tentu berdampak dalam persentase perolehan suara di Kecamatan Wado, dan Sumedang pada data situng KPU. Walaupun sebenarnya KPU Sumedang, menjadi satu-satunya KPU yang memililki inisiatip keterbukaan informasi, dengan mengupload data hasil Rekapitulasi di media social facebook : KPU Kab Sumedang, serta melalui Website :
http://kpu-sumedangkab.go.id (RN)*** 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook
Twitter