Berita Terpopuler

Fantastis: Utang BPJS Ke RSUD Sumedang Mencapai Rp 39 Milyar

Fantastis: Utang BPJS Ke RSUD Sumedang Mencapai Rp 39 Milyar

Sumedang, Tinewss.com - Jumlah Piutang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sumedang ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mencapai Rp 39 Milyar. Angka tersebut adalah Klaim dari bulan Juli hingga September 2019.  Demikian disampaikan Direktur RSUD Sumedang Dr. dr. Aceng Solahudin Ahmad, M.Kes kepada Redaksi Tinewss.com melalui Sambungan WhatApss (Selasa, 19/11/2019),


"Piutang RSUD Sumedang di BPJS sekitar 39 M (klaim bulan Juli - September)," terang Aceng. 


Utang BPJS bukan hanya ke RSUD Sumedang saja. secara total seluruh Indonesia, BPJS berhutang mencapai Rp 17 Trilyun pada Bulan September 2019. Kuntjoro, Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) di  Gedung DPR (Senin, 12 November 2019) berbagai Media menyampaikan bahwa Piutang (baca: tagihan dari Rumah sakit ke BPJS), yang diketahuinya hingga 30 September itu 17 T. "Semua, Se-Indonesia," jelas Kuntjoro.


Menurut Kuntjoro, tagihan ini bukan angka sedikit. PERSI meminta BPJS untuk segera menyelesaikan kewajibannya tersebut, hal ini agar operasional Rumas Sakit tidak terganggu. "Terpenting sekarang bayar dulu, saya kan Rumah Sakit nih. Yang penting dibayar dulu aja," jelasnya.


Berbagai Rumah Sakit dikabarkan kesulitan memenuhi likuiditas dalam operasionalnya. Namun tidak demikian dengan RSUD Sumedang. Ketika hal ini ditanyakan ke Direktur RSUD Sumedang, Aceng menjelaskan untuk operasional Dirinya bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM). Sehingga operasional RSUD Sumedang tetap berjalan dengan baik. Bahkan Aceng meminta masyarakat untuk tetap menggunakan BPJS. "Selama ini Kami menggunakan dana talangan (SCF) dari BSM dengan agunan invoice BPJS, jadi untuk operasional tetap bisa berjalan dengan baik," terang Aceng.


Terkait dengan beredarnya issue bahwa Pasien BPJS selalu di nomor duakan saat mendapat layanan di Rumah Sakit, Aceng membantahnya. "Semua pasien dalam hal layanan sama, yang membedaka hanya administrasinya saja, bahkan RSUD Sumedang berharap semua masyarakat Sumedang punya Kartu BPJS," tutup Aceng . (RN)***





img-1574166107.jpg


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Surat Pembaca

Toilet UIN Sunan Gunung Djati Bandung Seperti Gudang Universitas seharusnya menjadi tempat yang n...

Cameliasari
Kategori