Berita Terpopuler

Satu Langkah Menuju Kawasan Ekonomi Khusus Jatigede, Sumedang World Class Region

Satu Langkah Menuju Kawasan Ekonomi Khusus Jatigede, Sumedang World Class Region

Sumedang, Tinewss.com - Bertempat di Gedung Negara Sumedang,  Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, menyampaikan presentasi lengkap tentang perencanaan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (Jatigede),  (21/06/2019).

Bersama dengan Bupati,  Sekretaris Daerah Kab Sumedang H Herman Suryatman,  dan beberapa pejabat terkait,  menerima kedatangan Edwin Darmasetiawan,  Direktur Pengembangan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC).

ITDC adalah sebuah BUMN Indonesia yang bergerak di bidang pariwisata. ITDC berdiri dengan nama Bali Tourism Development Corporation (BTDC) yang mengelola area komersial Nusa Dua menjadi destinasi wisata dunia di Indonesia. Dan Pengembang The Mandalika. 

Dalam presentasinya,  Bupati dengan semangat menyampaikan secara lengkap tentang potensi Kawasan Ekonomi Khusus Jatigede, termasuk secara geografi meluas dengan pembangunan daerah hinterland. 

Bupati juga menyampaikan bahwa rencana ini,  sejalan dengan visi Sumedang Simpati,  juga dalam upaya mewujudkan cita-cita dan juga membantu Program Nasional,  dalam mendatangkan Wisatawan Mancanegara.  

Potensi wisata, menurut Dony paling tidak memiliki 3 prasyarat,  yaitu Aksesibilitas,  Atraksi,  dan Amenitas.  "Dan Kami sudah memenuhi semua itu," terang Dony. 

Menanggapi presentasi Bupati Sumedang,  Edwin,  merasa sangat puas.  Bahkan dengan penjelasan Bupati tentang aksesibilitas, Edwin menyambut baik, karena itu prasyarat utama. "Ini akan menarik investor dan visitor,"  jelas Edwin. 

img-1561114062.jpg


Edwin,  yang sebelumnya dibawa keliling ke Museum Sri Manganti,  merasa sangat tertarik dengan herritage yang belum banyak diketahui banyak orang.  "Ini sih sudah memenuhi syarat, tentu tinggal tahapan berikutnya bisa segera di tindak lanjuti" ujarnya. 

Ketika ditanya bagaimana melibatkan penduduk yang terkena dampak? Edwin menjelaskan bahwa pembangunan ini banyak sekali yang bisa dilibatkan,  bukan untuk menjadi penonton.  Pemda bisa menyiapkan segala sesuatunya,  sehingga tenaga kerja nanti yang dibutuhkan adalah supply dari penduduk domestik. 

Di moderatori Sekda Sumedang,  pertemuan ini dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu destinasi wisata Buricak Burinong di Kampung Cisema,  Darmaraja.  (Rauf Nuryama) ***


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kategori