Berita Terpopuler

Sejumlah Pemuda di Desa Pilangsari Unjuk Gigi Melalui Festival Pitulasan 2019

Sejumlah Pemuda di Desa Pilangsari Unjuk Gigi Melalui Festival Pitulasan 2019

Cirebon, Tinewss.com - Banyak cara yang dilakukan untuk mempertahankan adat istiadat di dalam masyarakat. Salah satu upaya mempertahankan budaya itu, terlihat di sebuah dusun atau blok di Desa Pilangsari Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon.  Upaya pelestarian budaya secara regenerasi ini ditunjukan saat merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke 74 , dengan mengusung tema Festival Pitulasan 2019.


Pihak Pemerintahan Desa (Pemdes) yang bekerjasama dengan Ikatan Pemuda Pilang Dalam (IPPDA), melaksanakan pagelaran yang bertajuk Festival Pitulasan di setiap tahunya. Salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan yakni kirab budaya atau arak-arakan bertema kemerdekaan mengelilingi Desa Pilangsari.


Pada Kirab budaya itu, masyarakat desa membuat berbagai replika hewan (ogoh - ogoh) dalam ukuran besar. Pembuatan replika hewan itu dilakukan masyarakat itu juga sebagai bentuk mengembangkan kreatifitas dalam menyalurkan bakat seni dengan dibarengi rasa nasionalisme.


“Ada hewan, Burung Garuda, hingga banteng, tarian tradisional, kostum prajurit , teatrikal kemerdekaan"  kata Plt Kepala Desa Pilangsari, Suta saat ditemui di sela-sela Kirab budaya. 


Suta pun menambahkan, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk kekompakan warga dari berbagai usia dan semakin merekatkan tali silaturahmi. Dengan adanya silaturahmi ini jelas akan semakin meningkatkan kebersamaan di dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Pilangsari.


Sementara itu Aldi Tri Setiawansyah ketua Ikatan Pemuda Pilang Dalem (IPPDA) mengatakan, di momen HUT RI ini kami mewakili pemuda ingin menanamkan rasa nasionalisme dan kecintaanya kepada NKRI, hal ini bisa di buktikan dengan banyaknya peserta kirab budaya yang ikut.


“ Sesuai tema, SDM Unggul Indonesia Maju, di momen festival pitulasan ini lah semuanya dusun yang ada di desa pilangsari bersatu, dan unjuk gigi melalui hasil kreatifitas masing - masing,  Kegiatan ini rutin kami lakukan tiap tahunnya, dan semoga dalam pelaksanaanya nanti bisa lebih banyak lagi pesertanya,” pungkasnya.(Jhon) ***


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kategori