Berita Terpopuler

Seminar Nasional Literasi Digital, Guru : MUTU atau MATI

Seminar Nasional Literasi Digital, Guru : MUTU atau MATI

Sumedang,  Tinewss.com - Seminar nasional yang dilaksanakn TiNEWSS.com dihadiri para pakar yang terdiri dari Dr. Diah Gusrayani, M.Pd ( Dosen Pasca Sarjana  UPI Bandung dan Direktur ELP); Dr. Dian Sukmara, M.Pd. (pakar pendidikan dan Ketua STAI Sebelas April) dan Graha Noviana, S.Kom., M.B.A. dan Praktisi TI, Programmer dan juga Kepala BJB Cabang Sumedang), serta dimoderatori oleh Dr. Asep D. Darmawan, M.Pd.,  (Ketua Yayasan Pengembangan Pendidikan dan Riset Indonesia).


Menurut Diah, literasi digital diperlukan dalam menghadapi tantangan dalam era digital 4.0. Jika guru tidak menguasai dua kata kunci tersebut, literasi dan digitalisasi, guru akan tersingkir. Mutu atau mati, kata kunci yang harus ditanamkan dan diejawantahkan guru. "Di era 4.0 guru mutlak memiliki 3 hal: LITERASI, KOMPETENSI dan KARAKTER," jelasnya.


Lebih lanjut Diah mrngatakan bahwa literasi adalah kemampuan membaca banyak hal agar menjadi orang yang peka dan waspada, kompetensi kemampuan mengajar yang inovatif agar anak mampu berpikir kritis, dan terakhir karakter, untuk menyaring arus negatif dari digitalisasi pendidikan.


Sedangkan Graha mengatakan bahwa sekarang ini, apabila orang menguasai data digital maka akan menguasai dunia. Google, facebook menguasai data, maka mereka menguasi dunia. "Padahal semuanya bisa di akses gratis," katanya.


Namun demikian, Dian Sukmara berharap bahwa  perkembangan informasi digital harus tetap dibarengi dengan kearifan lokal sehingga tetap terjaga dan terbebas dari hoax. "Kalau kita tidak arif dan selektif dalam menerima informasi digital, maka akan membahayakan," jelasnya. (RN)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Surat Pembaca

Toilet UIN Sunan Gunung Djati Bandung Seperti Gudang Universitas seharusnya menjadi tempat yang n...

Cameliasari
Kategori