Berita Terpopuler

Senator Asal Sumedang, Eni Sumarni Kembali Terpilih Mewakili Jawa Barat

Senator Asal Sumedang, Eni Sumarni Kembali Terpilih Mewakili Jawa Barat

Bandung, TiNEWSS.Com – Dra. Ir. Hj. Eni Sumarni, M.Kes, politisi asal Situraja Sumedang, yang pernah menjadi Calon Bupati tahun 2013, kemudian terpilih menjadi Anggota DPD tahun 2014, kembali menjadi satu-satunya anggota DPD Perempuan asal Jawa Barat untuk periode 2019-2024.

Raihan tersebut terlihat dari hasil rapat pleno penetapan dan rekapitulasi Pemilu 2019 di tingkat KPU Propinsi Jawa Barat dimana Eni meraih 920.044 suara. Raihan suara ini menurun di banding dengan perolehan suara Eni pada tahun 2014 yakni sebesar 2.042.130 suara.

Sedangkan Euis Mully, yang juga caleg DPD asal Sumedang harus puas di urutan ke-5 dengan perolehan suara sebesar 898.894 atau terpaut 21.150 suara saja dari Eni Sumarni urutan Ke-4.

Dengan demikian, Eni melenggang ke Senayan untuk Periode ke-2. Sebagai petahana, Eni tidak sendirian. Peraih Suara terbanyak dari Jawa barat ada petahana Oni Suwarman dengan raihan 4.132.681 suara.

Dua nama berikutnya yang berada di urutan ke-2 dan ke-3 adalah Amang syarifudin dan Asep Hidayat. KH Amang Syarifudin meraih 1.140.880 suara sedangkan H. Asep Hidayat, S.Ag putra bungsu KH Muhammad Ruhiat (Alm) Pendiri Pondok Pesantren Bantargebang Tasikmalaya meraih 1.007.653 suara.

Mereka berempat keluar sebagai empat calon dengan raihan suara tertinggi dibandingkan 46 calon lainnya.

Oni, calon DPD asal Jawa Barat periode 2019-2024 meraih suara tertinggi sepanjang sejarah pemilihan senator di Indonesia. Raihan suaranya yang mencapai 4,1 juta melampaui raihan suaranya pada periode 2014-2019 yang mencapai 2,1 juta suara.

Tidak hanya itu, raihan suara Oni kali ini juga mengalahkan Ginandjar Kartasasmita yang mendapatkan dukungan dari sedikitnya 3 juta masyarakat, saat terpilih sebagai anggota DPD asal Jawa Barat pada pemilihan tahun 2009.

Dalam laman DPD RI, Oni disebutkan memiliki misi mengangkat budaya Sunda yang menurutnya hingga saat ini masih minim promosinya dibandingkan kebudayaan lain. Ayah dua anak ini juga mengidolakan sosok fiktif Kabayan yang menurutnya mewakili karakter masyarakat Jawa Barat seperti jujur dan memiliki niat baik.

“Generasi muda akan diberdayakan di sektor ekonomi kreatif. Dengan banyaknya generasi muda yang ngaronjatkeun seni budaya itu mereka akan lebih cinta Tanah Air, cinta ka lemah cai,” kata pria yang mengawali karirnya sebagai pelawak bersama Sule di grup lawak SOS.

Ketika dihubungi melalui WhatsApp, sampai berita ini diturunkan Eni belum menjawab. namun dari Akun Facebooknya, Eni memberikan ucapan terima kasih kepada Tim Sukses dan masyarakat yang memilihnya, dengan ucapan "Jazakallah...khairan khatsiron ..." kata Eni. (RN) ***



Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Surat Pembaca

Toilet UIN Sunan Gunung Djati Bandung Seperti Gudang Universitas seharusnya menjadi tempat yang n...

Cameliasari
Kategori