Berita Terpopuler

Shubuh Berjamaah di Wado. Bupati Sampaikan Program Kerja

Shubuh Berjamaah di Wado. Bupati Sampaikan Program Kerja

Sumedang,  Tinewss.com - Sebagai implementasi dari nilai religius dalam mewujudkan Visi Sumedang Agamis, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir terus berupaya secara konsisten menggalakan Gerakan Salat Subuh Berjamaah yang dilaksanakan berkeliling di tiap kecamatan. 


Pada kesempatan kali ini, Bupati Sumedang beserta rombongan melaksanakan salat subuh berjamaah di Masjid Jami Raudlatul Mukhlisin Desa Cikareo Utara Kecamatan Wado, Jumat (22/11).


Turut hadir dalam rombongan,  Asisten Pemerintahan Teddy Mulyono, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan politik Agus Suherman, Ketua Baznas Kabupaten Sumedang Ali Badjri, para Kepala OPD dan Kepala Bagian yang tergabung dalam Tim I. 


Camat Wado Taufik Hidayat menyampaikan apresiasi positif terhadap program yang digulirkan bupati melalui pelaksanaan sholat subuh berjamaah. 


Ia melaporkan, sebagai daya dukung terhadap Visi Sumedang Simpati, dari aspek keagamaan saat ini di tiap desa secara rutin dilaksanakan Magrib Mengaji dan Salat Subuh Berjamaah. 


Selain itu, dari aspek perekonomian, di kecamatan Wado terdapat beberapa industri rumah tangga yang telah ditetapkan sebagai produk unggulan Wado yaitu gula  kawung. 


Ke depan, kata Taufik, pihaknya telah merekomendasikan kepada pemerintah desa dalam  program pembangunan fisik tahun 2020 mendatang dengan bersumber dari Dana Desa agar dapat membangun pabrik gula merah yang rencananya akan dipusatkan di Dusun Lamuniser Desa Sukapura. 


"Diharapkan hal ini bisa bermanfaat, khususnya bagi pengrajin gula dan bisa mempermudah kami selaku aparatur pemerintah untuk melakukan edukasi sehingga bisa secara langsung tanpa harus door to door ke tiap rumah. Berdasarkan inventarisasi yang kami lakukan, terdapat  22 industri rumah tangga gula kawung. Mudah mudahan bisa di dorong pemerintah desa untuk dipusatkan di atas tanah desa tepatnya di Dusun Lamuniser Desa Sukapura," harapnya.


Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa momentum salat subuh berjamaah selain digunakan sebagai ajang silaturahmi, juga dimanfaatkan sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat terkait Visi Sumedang Simpati dan berbagai program yang telah, sedang dan akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah.


Berdasarkan hasil survei, kata Bupati, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui Visi Misi Sumedang Simpati dan program yang digulirkan pemerintah. Untuk itu, hal ini penting untuk disampaikan agar masyarakat bisa tahu, paham dan sadar sehingga bisa mewujudkannya secara bersama-sama.


"Visi Sumedang Simpati perlu saya sampaikan agar kita memahami. Setelah itu kita bisa menyadari sehingga kita bisa mengeksekusi dan menjalankan untuk ikut mendukung dalam mewujudkannya. Sebagaimana kita ketahui, visi yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023 ini telah menjadi visi bersama, baik eksekutif, legislatif maupun masyarakat Sumedang" ungkapnya.


Ditambahkan Bupati, kaitan dengan Sumedang Sejahtera, saat ini Pemerintah Kabupaten Sumedang tengah fokus pada upaya pengentasan kemiskinan melalui program yang ditetapkan APBD maupun kebijakan-kebijakan lainnya.


"Pada tahun 2019 target penurunan angka kemiskinan lebih besar dari tahun sebelumnya. Semula 0,5 % pertahun. Untuk tahun sekarang naik menjadi 0,8%. Hal ini dilakukan supaya semuanya kerja keras, bisa meningkatkan kecepatan dan memaksimalkan energinya," tuturnya.


Lebih lanjut ia mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mengatasi masih tingginya angka kemiskinan yaitu pertama,  investasi, kedua, cross cutting kegiatan SKPD yang mengarah pada pengentasan kemiskinan, ketiga, peningkatan sektor pariwisata dalam menggerakan ekonomi masyarakat, keempat, kepala desa dapat mengarahkan dana desa untuk menurunkan angka kemiskinan, kelima, pembedayaan Bumdes. (RN)***


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Surat Pembaca

Toilet UIN Sunan Gunung Djati Bandung Seperti Gudang Universitas seharusnya menjadi tempat yang n...

Cameliasari
Kategori