Berita Terpopuler

Sumedang Selenggarakan Jambore Fotografi Nasional

Sumedang Selenggarakan Jambore Fotografi Nasional

SUMEDANG (TiNEWSS.com) - Tidak kurang dari 400 orang peserta akan hadiri Jambore Fotografer Nasional (JFN) 2019 yang di gagas oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) melalui Bidang Ekonomi Kreatif dan Komunitas Fotografer Sumedang (SPOT) pada 16-17 Februari 2019 di Kampung Toga, desa Sukajaya, kecamatan Sumedang Selatan. Demikian disampaikan oleh Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumedang, H. Agus Sukandar, kepada Redaksi TiNEWSS.com di kantornya (6/2/2019)

     Menurut Agus, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menarik sebanyak-banyaknya  wisatawan. 

    JFN akan memperkenalkan potensi ekonomi kreatif Sumedang dengan basis kearifan lokal dalam bingkai fotografi. Dalam JFN akan ditampilkan sebanyak 26 kesenian , budaya dan kaulinan barudak lembur, foto konsep tradisional, human interest, kolaborasi musik etnik sunda, atraksi kuda silat dan kesenian tarawangsa Sumedang, pameran foto dan produk unggulan ekonomi kreatif.

     Para fotografer akan di ajak melakukan kegiatan fotografi dengan banyak menampilkan ikon budaya Sumedang.

img-1549463292.jpg

     "Objek foto yang menarik ini, akan menjadi daya tarik wisatawan. Dan tentunya diharapkan akan tumbuh peningkatan orang belanja di Sumedang. Para pelaku ekonomi kreatif, hotel, rumah makan, diharapkan bisa menjadi tuan rumah yang someah hade ka semah", tambah Agus. 

     Ketika di konfirmasi, dari mana saja peserta ini, Agus menjelaskan bahwa yang memastikan akan hadir perwakilan dari 7 Propinsi, 26 Kabupaten/Kota yang di fasilitasi oleh pemerintahan setempat.

     Sedangkan Fotografer dari Sumedang sendiri, lebih dari 100 sudah menyiapkan diri dengan karya terbaiknya, melalui berbagai komunitas fotografer Sumedang, termasuk komunitas penyelenggara SPOT.

     Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa kegiatan ini tujuan utamanya adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif. Dengan tujuan besarnya menuju Sumedang Simpati.

     Menurut panitia pada acara JFN 2019, akan hadir beberapa tokoh. Seperti Arbain Rambey. Parawisata tak ada tanpa fotografi sebaliknya, fotografi tak bermakna tanpa wisata. Demikianlah kalimat bijak dari Arbain Rambey, fotografer profesional yang juga jurnalis Kompas.  

     Hadir juga tokoh-tokoh fotografi nasional lainnya seperti Don Hasman dan Sjuaibun Iljas (Fotografer senior asal Bandung), Ati Bachtiar dan Yoga Ogre dengan host Romyan Fauzan (fotografer dan pemeran Uyan di sinetron Preman Pensiun).***(Rauf Nuryama)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Surat Pembaca

Toilet UIN Sunan Gunung Djati Bandung Seperti Gudang Universitas seharusnya menjadi tempat yang n...

Cameliasari
Kategori