241 WNI di Evakuasi dari Wuhan China ke Indonesia

Pesawat tipe A-330 milik Batik Air melakukan persiapan untuk menjemput Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China, di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Sabtu, 1 Februari 2020. ANTARA

Jakarta – Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi WNI sebanyak 241 orang yang diterbangkan dari Wuhan, Ibukota Provinsi Hubei, China ke Indonesia. Mereka tiba di Bandara Hang Nadim, Batam. Kemudian berpindak ke Pesawat milik TNI AU untuk diberangkatkan ke Natuna, (Kepulauan Riau).

Pesawat Batik Air yang membawa WNI dari Wuhan, tiba sekitar Pukul 08:50 WIB. “Alhamdullillah, pesawat penjemput WNI dari Wuhan sudah tiba di Batam (02/01),” tutur Menlu Retno LP Marsudi di akun Twitter resminya, (2/2/2020).

Polri sendiri menyiapkan ratusan personel untuk penjagaan di sekitar Natuna. “Untuk personel Polri dari area Natuna disiapkan sebanyak 370 personel,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono kepada Media, Sabtu (1/2/2020) malam.

Menurut Argo Yuwono, pihaknya juga menurunkan personel kesehatan di sana. Personel kesehatan itu didatangkan dari Polda setempat.

“Ada posko kesehatan dari Dinas Kesehatan, Dokkes Polda dan kesehatan TNI di sana. Untuk personel kesehatan ada 3 dokter dan 2 paramedis,” ungkap Argo.

Pemerintahan Indonesia menyiapkan hanggar di kawasan Lanud Raden Sadjad, Natuna, sebagai tempat observasi WNI yang dievakuasi dari Wuhan. Upaya evakuasi dilakukan menggunakan pesawat Batik Air. Di dalam pesawat tersebut terdapat 42 orang yang masuk dalam tim ini, yang terdiri atas TNI, Kemlu, Kemenkes, TNI, dan kru Batik Air.

Pemerintah sudah memastikan WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China, dalam kondisi sehat, tidak terinfeksi virus Corona. Prosedur pengamanan dilakukan ketat terhadap WNI yang pulang dari China. (Rauf Nuryama)***

%d blogger menyukai ini: