Abi Fotografer, Hobi berbuah Rizki

Abi Firman Menjadi Industrial Fotografer di Perusahaan Oil & Gas

Adalah Firman Budiman atau nama panggilannya Abi Firman menyukai dunia fotografi sejak tahun 2000. Dan secara profesional menggeluti dunia fotografi sejak tahun 2008.

Nangorak Camp, Sumedang. (Doc/Istimewa/Abi Firman)

Di Sumedang, Abi Firmam sudah tidak asing lagi, baik di acara pemerintahan atau acara sosial lain pun, kerap Abi diminta jasanya untuk mengabadikan setiap momen. “Hanya saja ada yang hanya minta jasa dengan cap nuhun, atau ada juga yang memberi ala kadarnya. Menurutnya, profesi fotografi belum bisa diandalkan untuk saat ini,” jelasnya.

Bundaran Binokasih, Sumedang. (Doc/Istimewa/Abi Firman)

Namun demikian, berbekal menekuni dunia fofografi, jejaring makin terbangun. Sehingga Abi menjadi Industrial Photografer (Oil dan Gas Photografer) yang membawanya keliling Indonesia.

Waduk Jatigede, Sumedang (Doc/Istimewa/Abi Firman)

Karya-karya fotografinya banyak menghiasi majalah-majalah dan surat kabar. Bahkan pernah juga hasil jepretannya dipakai situs media online yang tanpa izin darinya dan tanpa mencantumkan namanya dari foto yang dimuatnya. “Seyogyanya ada etika dalam memuat hasil karya itu, minimal ditulis sumber atau fotografernya,” harapnya.

Waduk Jatigede, Sumedang (Doc/Istimewa/Abi Firman)

Direktur ABI Learning Sumedang ini juga berharap berharap semua pihak hendaknya mulai menghargai profesi fotografer bukan hanya hasilnya saja yang kerap dipakai tanpa ada penghargaan yang cukup pada pelaku fotografinya. (Asep D Darmawan) ***