Akibat Pandemi, Ini Nasib Pembangunan Wisata Jatigede

Jalan Lingkar Timur Jatigede (Sumber: tribunews.com)

TiNewss.com – Pandemi Covid-19 telah menjadi wabah yang sangat banyak merubah semua tatanan kehidupan, termasuk masalah pembangunan. Jatigede yang digadang-gadang akan menjadi tempat wisata kelas dunia, akankah terwujud? Bagaimana dengan nasib pembangunan destinasi wisata yang selama ini sudah dimulai? Akankan dilanjutkan atau justru dihentikan?

Bupati Sumedang, Dr. H. Dony Ahmad Munir mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumedang berencana untuk melanjutkan pembangunan kawasan wisata Jatigede.

Menurut Bupati, sumber pembiayaannya berasal dari APBD Provinsi dengan besaran anggaran yang tersisa.

“Walau sempat terhenti karena Pandemi, Insyaa Allah akan dilanjutkan. Bantuan dari Provinsi yang semula Rp 30 M, namun karena ada refocusing untuk penanganan Covid, anggarannya menjadi Rp 15 M saja,” terang Bupati Dony kepada TiNewss.com, Kamis (18/6/2020)

Pembangunan fisik yang akan dilanjutkan adalah fasilitas Paralayang, Area Take off paralayang, area landing paralayang serta tempat selfie yang sangat bagus akan di bangun tahun ini. Sementara pembangunan wisata akan dipusatkan di Kampung Buricak Burinong.

Harapan Bupati Sumedang, selain pembangunan fisik yang akan menarik wisatawan, juga dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Pembangunan fisik destinasi wisata ini, dengan harapan dapat menarik wisatawan domestik maupun dunia. Dengan terget besarnya adalah adanya peningkatan daya beli masyarakat setempat,” tutur Bupati. (Rauf Nuryama) ***

Hits: 19