Antisipasi Dampak Corona Untuk Petani, Pemkab Sumedang Gelontorkan Benih Padi Ratusan Ton

Sumedang, TiNewss.com – Untuk mengantisipasi dampak sosial ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Sumedang menggelontorkan bantuan Benih Padi Inbrida dan Jagung Hibrida kepada Ribuan Petani di Sumedang.

Demikian disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Sumedang, Dr Iwa Kuswaeri dalam Jumpa Pers di Gedung Negara Sumedang, sore ini (24/03/2020).

“Melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang, mulai didistribusikan benih padi inbrida dan jagung hibrida bagi para petani di wilayah Kabupaten Sumedang,” terang Iwa yang juga Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Kominfosanditik) Kabupaten Sumedang.

Padi Inbrida
Jagung Hibrida

“Benih padi inbria sebanyak 100 Ton untuk luas tanam 4 ribu Hektar yang tersebar di 14 kecamatan, 146 Desa, 237 Kelompok Tani dengan jumlah petani lebih dari 16 ribu orang,” tambahnya.

Sedangkan untuk jagung hibrida sebanyak 69 Ton untuk luas tanam 4.600 Hektare yang tersebar di 19 kecamatan, 97 desa, 196 kelompok tani, dengan jumlah petani sebanyak 10.222 orang.

Lebih lanjut Iwa, menyampaikan, khusus untuk pengembangan jagung hibrida pada musim tanam September-Oktober 2020, akan difasilitasi bantuan benih dari pemerintah sebanyak 111 Ton untuk luasan 7.400 Hektare.

“Adapun kedua program unggulan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan para petani sebagai upaya pengentasan kemiskinan dan penguatan ketahanan pangan daerah di Kabupaten Sumedang,” tutupnya. (Rauf Nuryama)***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: