Apa Alasan 8 Maret jadi Hari Perempuan Internasional

Sumedang, TiNewss.com – Hari ini, 8 Maret 2020 adalah Hari Perempuan Sedunia, atau International Women’s Day. Kegiatan serupa di Indonesia, Kita mengenal ada Hari Kartini dan Hari Ibu. 21 April sebagai Hari Kartini, adalah untuk mengenang Aktivis Wanita Raden Ajeng Kartini dalam perjuangannya untuk emansipasi Wanita. Sedangkan 22 Desember dijadikan Hari Ibu, untuk mengenang pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928.

Sekitar 75 Negara di Eropa, merayakan Hari Ibu pada Minggu kedua di bulan Mei.

Lalu, apa alasan 8 Maret jadi Hari Perempuan Sedunia?

Di lansir dari Wikipedia, Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada tanggal 28 Februari 1909 di New York dan diselenggarakan oleh Partai Sosialis Amerika Serikat.

Demonstrasi pada tanggal 8 Maret 1917 yang dilakukan oleh para perempuan di Petrograd memicu terjadinya Revolusi Rusia.

Hari Perempuan Internasional secara resmi dijadikan sebagai hari libur nasional di Soviet Rusia pada tahun 1917, dan dirayakan secara luas di negara sosialis maupun komunis.

Pada tahun 1977, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Selamat Hari Perempuan Sedunia, Selamat Berlibur Para Ibu. (Rauf Nuryama)***

%d blogger menyukai ini: