Apa Resolusimu Di Tahun 2020? Dr Iwa Kuswaeri : Sumedang Akan di Pasang Lagi 54 Titik Hotspot Wifi Dan 50 CCTV

Dr Iwa Kuswaeri, Kepala Dinas Kominfo Sanditik Kabupaten Sumedang

Sumedang, TiNewss.comResolusi Tahun Baru adalah tradisi sekuler yang umumnya berlaku di Dunia Barat, tetapi juga bisa ditemukan di seluruh dunia. Menurut tradisi ini, seseorang akan berjanji untuk melakukan tindakan perbaikan diri yang akan dimulai pada Hari Tahun Baru. Dan ketika kita menulis kata Resolusi di Google Search, ternyata muncul Apa Resolusimu di tahun 2020. Sengaja judul ini diambil, untuk memulai Perbincangan Kami, dari TiNewss.com dengan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfo Sanditik) Kabupaten Sumedang, Dr. Iwa Kuswaeri (4/1/2020).

“Ada banyak rencana yang akan Kami lakukan di tahun 2020, setidaknya lokasi Hotspot atau Wifi Gratis akan Kami tambah sebanyak 54 titik, dari sebelumnya sudah terpasang sebanyak 70 titik di periode tahun lalu” tutur Iwa.

Dari 54 titik baru tersebut, menurut Iwa, 50 titik bersumber dari APBD Kabupaten dan 4 titik bersumber dari bantuan Kementrian Kominfo. Kami juga membaca di TiNewss.com ada Anggota DPR RI yang mau menyumbang Wifi Gratis bagi warga di Sumedang, semoga bisa koordinasi dengan Kami, agar tidak tumpang tindih dan Kami bisa membantu pemeliharaannya, ” kata Iwa.

Selain itu, Kominfo Sanditik Kabupaten Sumedang juga akan membangun CCTV sebanyak 50 titik tersebar di Sumedang. “Tahun 2020 juga rencana pemasangan 50 titik cctv di Bundaran Binokasih sampai Bundaran Alamsari, Jl. Tampimas, Jalan 11 April dan Jalan tegalkalong,” katanya.

Bulan ini, Kami juga akan melakukan integrasi jaringan teras LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) eRKS sudah dilakukan penyaringan dewan pengawas tinggal SK bupati dan segera mengangkat direksi serta perangkatnya.

Lebih lanjut, Iwa menjelaskan bahwa Pemkab Sumedang melalui Dinasnya, akan melakukan Pemasangan Jaringan Intranet/Metronet yang terintegrasi di semua OPD (Baca: Organisasi Perangkat Daerah), baik Dinas, Badan, Kantor dan Kecamatan, yang keseluruhannya ada 29 OPD, 26 Kecamatan dan 7 Kelurahan.

Pemasangan jaringan intranet ini akan dimulai sejak bulan Januari 2020, tentunya setelah proses pengadaan dan uji coba dilakukan. Pemerintah juga akan melakukan uji coba e-office di lingkung Dinas Kominfo Sanditik dan sosialisasi sekaligus ujicoba e-office di 5 Dinas seputar IPP Sumedang yaitu Setda, Bappppeda, DPKAD, BKPSDM dan Bappenda.

Untuk membantu kelancaran dan kesuksesan kinerja Kominfo Sanditik, akan melakukan rekrutmen tenaga pendukung yang memiliki keahlian di bidang IT. “Kami akan rekrut Web Programmer, Android Programer dan Network Administrator, yang akan dibuka secara umum mulai Minggu ini sampai pertengah Januari, dan mulai awal Februari 2020 sudah bisa aktif,” terangnya.

Ketika ditanya tentang pembangunan Command Center, sebagaimana pernah di beritakan di TiNewss.com, Iwa mengatakan bahwa Tahun 2020 juga akan dibangun Command Center di lokasi IPP Sumedang, dengan sumber Anggaran dari Provinsi, termasuk juga DED dari Provinsi. “Insyaa Allah Juni sudah mulai di bangun, Mohon Doanya, semoga lancar dan Sukses untuk menuju Sumedang Digital Region” tambah Iwa. (Rauf Nuryama) ***

%d blogger menyukai ini: