Aparatur Pemerintah Ikuti Pelatihan Simades Di Pamulihan Sumedang

Pamulihan, Tinewss.com – Puluhan staf aparatur desa se-kecamatan Pamulihan lakukan pelatihan pengisian aplikasi (Sistem Administrasi Desa) SIMADES di kantor Kecamatan Pamulihan, Rabu (25/09/2019).

Peserta terdiri dari Sebelas (11) desa se-kecamatan Pamulihan. Peserta para Kepala desa, Sekertaris Desa dan operator dari masing-masing desa.

Dikatakan Camat Pamulihan Hari Tri Santosa SIMADES merupakan sebuah sistem informasi yang dapat mengakomodasi sebagian besar kegiatan administrasi di kantor desa mulai dari mutasi data keluarga, daftar nama pemilih, pembuatan surat, pelaporan penduduk bulanan, pencatatan dan pembuatan kartu bagi penduduk pendatang sementara, dan sebagainya secara cepat dan akurat sehingga SIMADES dapat dijadikan salah satu solusi dalam menjalankan kegiatan operasional di kantor desa,” bebernya.

“Fitur SIMADES dirancang dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan yang ada pada desa diantaranya : Data Kependudukan digunakan untuk melakukan pencatatan data kependudukan seperti penduduk lahir, penduduk pindah, dan penduduk meniinggal serta penduduk sementara.

Tempat Usaha digunakan untuk melakukan pencatatan data usaha beserta pemilik/penanggung jawab usaha yang ada di desa.

Statistik digunakan untuk melihat jumlah penduduk berdasarkan kategori-kategori tertentu seperti berdasarkan jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, umur, agama, dan lain-lain, kata dia.

Surat Menyurat digunakan untuk membuat surat- surat. Pengguna hanya tinggal menginputkan nama penduduk yang ada di desa beserta beberapa informasi tambahan yang dibutuhkan seperti pengantar dari kepala dusun/lingkungan, keperluan surat, dan lain-lain, Pungkasnya. (Agus B Aripin)***