Aplikasi Disdukcapil Kabupaten Sumedang, Diserang Peretas!

TiNewss.comAplikasi DisdukcapilSilasidakep” yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang, mendapat serangan dari peretas (hacker) orang tidak dikenal.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sumedang, Achmad Kusnadi, kepada TiNewss.com (16/6/2020) Pagi.

Akibatnya, petugas administrasi yang berada di kantor Disdukcapil tidak bisa membuka permohonan dari masyarakat.

Menurut Achmad, kerusakan aplikasi akibat diretas tersebut telah mengakibatkan permohonan warga sejak tanggal 11 – 14 Juni 2020 tidak bisa dibuka oleh petugas pemroses.

“Mohon maaf Kami sampaikan kepada para pengguna layanan silasidakep pada tanggal 11-14 Juni 2020 Silasidakep mendapat serangan peretas,” katanya melalui saluran WhatsApp.

“Sehingga berkas untuk seluruh layanan yang diunggah pada tanggal tersebut tidak bisa dibuka oleh petugas pemroses di Disdukcapil,” tambahnya.

Achmad juga meminta agar para pengguna dapat mengajukan permohonan baru.

“Insyaa Allah, mulai 15 Juni 2020 Silasidakep telah berjalan normal kembali. Silakan untuk mengajukan ulang permohonan kepada Kami melalui Silasidakep,” tuturnya.

Informasi peretasan website dan aplikasi silasidakep, dibenarkan juga oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Kominfosanitik) Kabupaten Sumedang, Dr. Iwa Kuswaeri.

“Betul Pak, tanggal tersebut dokumen yang diupload.. tidak tersimpan di server Diskominfosanditik. Dikarenakan ada sesuatu hal. Mohon sekiranya untuk pemohon tanggal tersebut dapat melakukan unggahan (upload) ulang permohonan,” terang Iwa kepada Redaksi TiNewss.com, Selasa (16/6/2020).

Iwa, menegaskan bahwa saat ini website tersebut sudah aman dan warga tidak perlu khawatir.

Tatacara pengurusan Administrasi Kependudukan secara Online di Kabupaten Sumedang (diolah oleh TiNewss.com)

Untuk diketahui, aplikasi Disdukcapil Kabupaten Sumedang, “SILASIDAKEP” dalam melayani warga Kabupaten Sumedang untuk kebutuhan Administrasi Kependudukan secara Onlilne (Daring).

Aplikasi ini bisa di download di Playstore atau bisa melalui website : silasidakep.sumedangkab.go.id (Rauf Nuryama)***

Hits: 100