Arah Angin Tidak Bisa Diubah, Arah Layar yang Kita Atur

Dalam kehidupan, setiap orang tentunya memiliki cita-cita. Bahkan sejak kecil, orang tua selalu mengajarkan bahwa kita harus memiliki cita-cita yang tinggi. Rata-rata profesi yang dijadikan rujukan cita-cita adalah dokter, guru, tentara dan polisi. Jarang sekali orang tua mengajarkan cita-cita anaknya untuk jadi penguasaha. “Nak, kalau nanti sudah besar mau jadi apa?” kata orang tua. “Jadi doktel,” kata anaknya.

Proses pembelajaran orang tua pada anaknya menunjukkan bahwa penentuan cita-cita itu sangat penting. Orang tua sejak turun temurun mengajarkan dan menumbuhkan pada diri anaknya untuk memiliki cita-cita. Dan itu membekas dalam diri anak sehingga pada menjelang dewasa, cita-cita makin diwujudkan.

Tetapi jalan menuju pencapaian cita-cita tidaklah mudah. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya situasi dan kondisi mempengaruhi pencapaian cita-cita.

Tujuan yang akan kita capai sudah dicanangkan. Di tengah jalan ada situasi dan kondisi yang membuat pencapaian cita-cita terhambat atau mungkin bisa gagal. Dalam situasi demikian, maka harus ada perubahan strategi, kita harus mengubah cara pencapaian itu. Kita tidak bisa memaksakan pencapaian pada jalan yang sudah kita rancang sebelumnya. Maka apabila kita tetap melalui jalan yang sudah kita rancang, bisa jadi pencapaian tujuan itu lambat atau bisa saja gagal, karena berbenturan dengan situasi dan kondisi yang terbentuk.

Oleh karenanya, kita tidak bisa memaksakan cara dan jalan kita menabrak arah angin yang sudah ada, kita atur layar agar tujuan yang akan kita capai cepat sampai. Atur strategi dan cara baru yang tidak berbenturan dengan situasi dan kondisi yang menekan. Karena kalau arah angin yang kuat kita lawan, layar kita akan tumbang. Dan caranya adalah mengatur arah layar agar terpaan angin tidak memporakporandakan layar kita, justru akan mengantarkan pada pantai tujuan yang telah kita canangkan.

Sekali lagi, manakala situasi dan kondisi membuat arah pencapaian cita-cita menghambat, maka atur strategi dan cara baru. Arah angin yang kuat tidak bisa kita ubah, kita hanya bisa mengatur arah layar. Kita pengendali arah agar tujuan kita tetap tercapai dengan sempurna. Semoga.*

Hits: 79