Bangun Diri tanpa Pesaing

Pernahkah Anda melihat berjubelnya orang yang melamar ke suatu pekerjaan? Tentu pernah. Bahkan untuk sekedar memasukkan lamaran saja, harus mengantre yang panjang.

Ini menunjukkan bahwa sebuah lowongan kerja itu dibutuhkan banyak orang dan orang yang memiliki kompetensi tersebut sangat banyak. Dengan demikian, tingkat peluang untuk berhasilnya, sangat sedikit.

Tapi pernahkah Anda melihat sebuah lowongan kerja yang membutuhkan kompetensi khusus dan yang mendaftar hanya sedikit atau bahkan bisa dihitung jari? Bila melihat kenyataan demikian, maka orang yang mendaftar itu memiliki kompetensi yang berbeda dari yang lain. Bisa jadi hanya satu atau dua orang yang memiliki kemampuan atau kompetensi sesuai yang dibutuhkan. Dan tentu ini akan memberikan peluang diterima kerja lebih besar dibanding dari cerita yang di awal tulisan ini.

Bila dilihat dari dua cerita tersebut menunjukkan bahwa cerita pertama memberikan gambaran bahwa pekerjaan tersebut dikuasai oleh banyak orang. Sehingga yang melamar banyak, dan saingan menjadi banyak pula.

Sementara pada cerita kedua, orang yang menguasai pekerjaan tersebut hanya sedikit, dengan demikian maka saingannya hanya sedikit.

Bila posisi kita berada pada posisi yang melamar, maka jadikan diri kita pada posisi cerita kedua. Kita harus memiliki pembeda dari pelamar yang lain. Kita harus memiliki nilai tambah dari yang lain. Sehingga ketika kita memiliki pembeda dan nilai tambah, sejatinya membuat jalan bagi kita untuk tidak memiliki saingan. Ketika kita tidak memiliki saingan, maka jalan hidup kita makin terbuka. Peluang untuk sukses dan merebut setiap peluang akan lebih terbuka.

Oleh karena itu, bangun diri memiliki pembeda dari yang lain, baik dalam kompetensi, strata pendidikan, atau pengalaman. Bangun pula diri kita memiliki nilai tambah dari rata-rata orang kebanyakan. Bila differentiation dan value added ada dalam diri kita, memberi jalan hidup kita tanpa pesaing. Bila hidup tanpa pesaing, memberi jalan mudah untuk mencapai sukses. Selamat mencoba dan selamat menjadi diri tanpa pesaing!*

%d blogger menyukai ini: