Bansos Pusat Cair, Bupati Monitor Di Posindo Sumedang

Sumedang, TiNewss.com – Dana Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah Pusat untuk masyarakat Kabupaten Sumedang sudah cair melalui PT Pos Indonesia (Posindo). Untuk memastikan hal tersebut, Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, melakukan monitoring di Kantor Posindo Cabang Sumedang, Jalan Prabu Geusan Ulun, Jumat (22/5/2020).

Kehadirannya, diyakini untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan mekanisme dan dapat diterima oleh warga yang terkena dampak Covid-19.

“Saya sengaja langsung melakukan monitoring penyaaluran BST (Bantuan Sosial tunas) dari Presiden melalui Kementrian Sosial, yang penyalurannya melalui Kantor Pos ini,” tutur Bupati kepada Media yang hadir di lokasi.

Menurut Bupati, Pemerintah Kabupaten Sumedang terus berkomunikasi serta mengarahkan Pemerintah Kecamatan dan Desa untuk berkoordinasi dengan Posindo terkait percepatan penyaluran bantuan sosial tersebut.

Terkait dengan Dana Bantuan Sosial untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19, Bupati Sumedang memastikan semuanya berjalan lancar.

“Ada delapan pintu bantuan di Kabupaten Sumedang baik untuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) maupun Non DTKS. Dan hampir seluruhnya sudah dan sedang disalurkan,” ujarnya.

Adapun jumlah penerima bansos dari Pemerintah Pusat, Bupati menyampaikan ada 31 ribu KK yang menerima bantuan tersebut.

“Insyaa Allah, seluruh pintu bantuan sudah dan sedang disalurkan kepada masyarakat yang berhak. Untuk BST dari Pemerintah Pusat, Kabupaten Sumedang mendapatkan sebanyak 31.000 KK,” ungkapnya.

Masih menurutnya, Pemerintah Kabupaten Sumedang telah diapresiasi oleh KPK dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait dengan akurasi data melalui aplikasi Sapawarga. Tentunya semuanya berkat kerja sama seluruh pihak.

Bupati juga memberikan apresiasi atas kerja keras semua pihak sehingga proses ini berjalan relatif lancar.

“Untuk Forkopimda, Gugus Tugas, para Camat, Para Kades, Asosiasi BPD, para pendamping PKH, Pendamping Desa dan ketua RT dan RW dan seluruhnya yang telah membantu proses pendataan dan penyaluran bantuan di Sumedang, saya apresiasi dan berterima kasih yang sebesar-besarnya” katanya.

Bupati memastikan bahwa Bantuan Sosial Tunai untuk masyarakat Kabupaten Sumedang yang bersumber dari Kemensos dapat tersalurkan semuanya sebelum H-2 lebaran.

“Ikhtiar kami semuanya harus selesai (sekarang). Atas nama Pemerintah Kabupaten Sumedang saya ucapkan terima kasih kepada Presiden RI dan Kemensos yang telah memberikan bantuan penanganan cepat bagi masyarakat Sumedang yang terdampak Covid-19,” pungkasnya. (Rauf Nuryama)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *