Belasan Orang Diamankan Oleh Polres Sumedang Selama Ops Lilin Lodaya 2019

Sumedang, Tinewss.com – Kepolisian Resor Sumedang Sumedang mengamankan belasan orang pelaku tindak pidana yang dilakukan secara bersama-sama dengan melakukan kekerasan terhadap orang atau barang, dan tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Para tersangka diamankan selama Operasi Lilin Lodaya 2019. Demikian disampaikan oleh Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana, S.I.K., M.Si, kepada sejumlah sejumlah media di Mapolsek Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (26/12/2019).

Menurut Kapolres, Para Tersangka yang diamankan terdiri dari 4 TKP dengan Tindak Pidana membawa Senjata Tajam (Sajam) tanpa izin di Wilayah Cimanggung, 2 TKP Tindak Pidana Pengeroyokan terhadap orang atau barang di Wilayah Kecamatan Pamulihan, dan di TKP Tindak Pidana Curat di Wilayah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Kapolres menyampaikan Konferensi Pers di Mapolsek Cimanggung, Sumedang – Jawa Barat. (26/12/2019) Doc: Istimewa/Tinewss.com

Di damping oleh Kasat Reskrim AKP Yanto Selamet, S.Ik., M.Si, Dwi Indra Laksmana, menyebutkan 8 pelaku Tindak Pidana (TP) membawa sajam tanpa izin, adalah HK, AD, AM, JA, YS, DJ, ES, dan DY. 4 pelaku TP pengeroyokan yakni AS, D, RS, dan BYS. “Dan satu orang lagi bernama IS alias Ciwok yang berhasil diamankan di wilayah hukum Polres Sumedang,”terang Kapolres.

Kapolres dalam keterangan Pers-nya juga didampingi oleh Kapolsek Cimanggung Kompol Herdis Suhardiman, S.H., M.M., Kapolsek Jatinangor Kompol Denny Ginanjar, S.H., M.H., Kapolsek Pamulihan IPTU Agus Permana dan Kasubag Humas IPTU Dedi Juhana.

Para pelaku sengaja membawa senjata tajam berupa, golok, Rencong, kapak, keling dan lain-lain yang dipergunakan oleh para pelaku sebagai sarana kejahatan.

Tindak Pidana secara bersama – sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang. Para pelaku juga melakukan tindak pidana pengeroyokan dengan cara memukul korban dan menjambak korban serta melakukan pengrusakan terhadap kendaraan korban.

Sedangkan untuk pelaku TP Pencurian dengan Pemberatan (Curat), pelaku masuk kedalam rumah korban dengan cara naik ke lantai atas rumah korban melalui dinding samping rumah menggunakan tangga bambu dan merusak daun pintu jendela. “Setelah itu saat pelaku berada di dalam rumah korban pelaku dapat di tangkap oleh petugas kepolisian,’ terang Dwi Indra Laksmana.

Barang Bukti Senjata Tajam yang berhasil diamankan Satreskrim Polres Sumedang
Mapolsek Cimanggung, Sumedang – Jawa Barat.Doc : Istimewa/Tinewss.com

Dari TKP, Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 4 buah handphone berbagai merk, 7 buah senjata tajam berbagai jenis, 3 buah tabung gas, 2 unit Kendaraan Roda-2 berbagai merk , dan 1 buah keling, serta 1 spion mobil rusak.

“Atas perbuatan pelaku, para tersangka dijerat dengan Pasal 2 Ayat 1 UU Darurat No 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara, Pasal 170 ayat 1 KUH Pidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara, serta pasal 363 ayat 1 KUH Pidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tuturnya. (Rauf Nuryama)***