Berpikir Masa Bodoh dan Kegemukan, ada korelasi? Ini jawabannya

“Aku bersikap masa bodoh….tapi ternyata ada korelasi dengan berat badan yang semakin meningkat. Terlalu berpikir positif dan bebas, Pa Dok,” katanya menanggapi status quotes saya melalui whatsapp.

Sepintas sepertinya tidak ada korelasi antara berpikir masa bodoh dan kegemukan. Padahal bisa jadi orang yang berpikir masa bodoh justru akan membuat gemuk, dan orang yang segala sesuatu dijadikan pikiran malah menjadi kurus. Orang tua selalu menasehati bahwa kita jangan terlalu banyak pikiran agar kita sehat, karena kalau banyak pikiran maka tubuh akan sakit. Bila demikian, penyakit satu persatu akan hinggap dan tentu akan membuat badan menjadi kurus.

Adalah testimoni dari seorang pengusaha bernama Lia Gathar menunjukkan adanya korelasi antara berpikir masa bodoh dengan kegemukan. Menurutnya, makin bersikap masa bodoh, maka tubuhnya makin melar.

“Aku bersikap masa bodoh….tapi ternyata ada korelasi dengan berat badan yang semakin meningkat. Terlalu berpikir positif dan bebas, Pa Dok,” katanya menanggapi status quotes saya melalui whatsapp.

Testimoni seorang teman yang menjalani bisnis di dunia transportasi ini, menunjukkan bahwa berpikir bebas berpengaruh pada kegemukan. Tidak ada berpikir negatif dalam pikiran membuat hidup menjadi bebas. Semua disikapi dengan masa bodoh.

Mark Manison dalam bukunya “Sebuah Seni untuk Bersikap Masa Bodo Amat, pendekatan yang waras demi menjalani hidup yang baik” mengatakan bahwa masa bodo adalah cara yang sederhana untuk mengarahkan kembali ekspektasi hidup kita dan memilih apa yang penting dan apa yang tidak. Usaha untuk mengembangkan kemampuan ini mengarah pada sesuatu yang menjadi semacam pencerahan praktis.

Menurutnya situasi sekarang ini membuat kita merasa bersalah atas rasa salah itu sendiri. Kita jadi marah gara-gara amarah yang menyulut. Kita jadi cemas karena perasaan cemas itu sendiri.

Inilah mengapa, bersikap masa bodoh adalah kuncinya. Inilah alasan bahwa kita harus menyelamatkan diri kita. Dengan tidak ambil pusing ketika kita merasa buruk, berarti kita memutus Lingkaran Setan.

Bersikap masa bodoh pada apa yang membuat gangguan pikiran kita ke arah berpikir negatif, berlatih untuk di buang. Berpikir masa bodoh akan membuat sel-sel dalam tubuh kita menjadi sehat. Dan tentu ini akan menyelamatkan kita dari sakit. Karena kalau kita sakit, maka tubuh kita akan kurus. Walau bisa jadi tubuhnya yang kurus bukan selamanya karena sakit, hehehe…. Selamat mencoba berpikir masa bodoh untuk menyelamatkan dunia! ***