Bersinergi atau Bersaing

Pernahkah Anda melihat orang zaman dulu yang menggergaji kayu, seorang di atas dan seorang lagi di bawah? Kedua orang itu tidak egois, tidak ingin menang sendiri, tetapi diantara mereka ada yang mengalah, sehingga satu menarik dan satu mengalah. Begitu seterusnya, hingga menggergaji kayu itu selesai.

Pernahkah Anda melihat di Pantai Pangandaran atau Pantai Lombok atau di pantai mana saja, para nelayan menarik jala secara bersama-sama. Tidak pernah melihat para nelayan yang menarik jala dlakukan atau dikerjakan sendiri. Dan perhatikan, cara mengangkat tangan dan cara menarik jala pasti bersama-sama, tidak sendiri-sendiri. Sehingga menarik jala yang besar di lautan kelihatan sangat mudah dan tidak berat.

Pernahkah Anda terpikirkan ada sepotong tulang yang besar, melebihi besarnya semut tetapi dapat diangkat oleh semut. Semut bekerja sama untuk mengangkat tulang itu sehingga tulang yang besar melebihi tubuh semut dapat terangkat.

Dari ketiga kasus di atas, betapa kerja sama itu sangat penting. Sulit rasanya kesuksesan itu bisa diraih seorang diri. Berat rasanya, sukses itu dicapai sendiri. Maka adalah bersinergi yang diperlukan, bekerja sama yang harus dikembangkan.

Bila saja seekor semut harus memaksakan diri mengangkat tulang yang besarnya melebihi tubuhnya, diyakini akan mengalami kesulitan. Tentu tidak akan mudah memindahkan tulang itu.

Dan tidak terbayangkan manakala yang menggergaji kayu, semuanya ingin menang sendiri, tidak ada yabg mengalah, maka semua akan saling tarik gergaji. Tentu bukannya selesai menggergaji kayu, tetapi malah saling tarik seperti tarik tambang.

Dan tidak terbayangkan pula bila menarik jala hanya dilakukan seorang diri, tentu akan sulit dan berat. Oleh karenanya, pelajaran berharga dari ketiga kasus itu sangat bagus.

Dalam bekerja di manapun, kerja sama lebih penting dibanding bersaing. Kerja bersama lebih penting dibanding kerja sendiri. Oleh karenanya, bangunlah kerja sama itu dengan baik. Bangunlah sinergi bukan bersaing.

Dalam konteks bisnis, juga lebih baik bersinergi dibanding bersaing, sehingga sukses akan diraih bersama. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: