BreakingNews : Lebaran 1441 H Jatuh Pada 24 Mei 2020

Sumedangn, TiNewss.com – Pemerintah Republik Indonesia telah memutuskan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1441 H jatuh pada hari Ahad atau Minggu 24 Mei 2020.

Demikian disampaikan oleh Menteri Agama RI, Jendral TNI (Purn) Fachrul Razi dalam siaran pers seusai sidang isbat di Jakarta, Jumat (22/5/2020)

“Karenanya siang isbat secara bulat menyatakan bahwa 1 syawal 1441 H jatuh pada hari Ahad atau Minggu 24 Mei 2020,” katanya.

Menteri menyampaikan bahwa Sidang menyepakati keputusan ini karena dua alasan.

Pertama, telah mendengar paparan Tim Falakiya Kemenag yang menyatakan tinggi hilal di seluruh Indonesia di bawah ufuk. Yaitu berkisar dari minus 5.29 sampai dengan minus 3.96 derajat.

Artinya, hilal tidak mungkin dilihat. Hal ini terkonfirmasi dari pernyataan pada perukyah yang diturunkan Kementrian Agama. Menurutnya, Kemenang menurunkan tim rukyah pada 80 titik di Indonesia.

Kedua, mendengar laporan dari sejumlah perukyah hilal yang bekerja dibawah sumpah. Terdiri dari Provinsi Aceh hingga Papua. Di 80 titik tersebut tidak ada satu pun perukyah yang dapat melihat hilal.

“Karena dua alasan tersebut, Sidang Isbat menyepakati untuk mengistikmalkan (menyempurnakan) bulan Ramadhan menjadi 30 hari. Sehingga tanggal 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Minggu,” kata Fachrul Razi.

Menteri berharap dengan hasil sidang ini, seluruh umat islam dapat menjalankan hari Raya Idul Fitri secara bersama-sama.

“Semogga ini menjadi simbol kebersamaan Umat Islam,” kata Menteri. (Admin)