Bupati Dony Kunjungi Lokasi Kebakaran Tampomas

Sumedang, TiNewss.com – Sebagaimana diberitakan Tinewss.com tentang kebakaran hutan lindung di wilayah Gunung Tampomas, Pagi ini, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, hadir di lokasi untuk melakukan peninjauan, apel dan memberikan arahan kepada peserta apel di Cimalaka Sumedang, (23/10/2019).

Tampak hadir di Lokasi, Dandim 0610 Sumedang, Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han), juga Administratur KPH Perhutani Sumedang Asep Setiawan.

img-1571795020.jpg

Dihubungi melalaui WA, Adm Perhutani Sumedang Asep Setiawan menyampaikan bahwa, sambil menunggu bantuan dari BNPB. Perhutani bersama jajaran Kodim, Koramil Cimalaka, Polsek Cimalaka, Yonif Raider 301, Pemda/BPBD FKPPIdengan jumlah personil 160 orang dibawah Komando Dandim.

Mengupayakan upaya penanganan manual dengan membuat sekat bakar di blok pasir Dihubungi melalaui WA, Adm Perhutani Sumedang Asep Setiawan menyampaikan bahwa, sambil menunggu bantuan dari BNPB. Perhutani bersama jajaran Kodim, Koramil Cimalaka, Polsek Cimalaka, Yonif Raider 301, Pemda/BPBD FKPPIdengan jumlah personil 160 orang dibawah Komando Dandim.

Mengupayakan upaya penanganan manual dengan membuat sekat bakar di blok pasir hareueus Desa Licin. Dan blok Bengkung Desa Padasari. Api terkonsentrasi di 2 titik. Di blok Pasir hareueus (jenis tanaman kaliandara dan semak belukar) dan blok Bengkung (jenis Pinus dan rimba campur).

“Dari luas yang terbakar, pagi ini sekitar 47hektar, 30 Ha diantaranya sudah (berhasil) padam, ” jelas Asep. di 2 titik. Di blok Pasir hareueus (jenis tanaman kaliandara dan semak belukar) dan blok Bengkung (jenis Pinus dan rimba campur).

“Dari luas yang terbakar, pagi ini sekitar 47 hektar, 30 Ha diantaranya sudah (berhasil) padam, ” jelas Asep.

Senada dengan Asep, Dandim 0610 menilai bahwa kebakaran ini cukup besar hingga membakar pohon-pohon yang ada disekitar hutan tersebut, dan mengakibatkan asap pekat. Sehingga membahayakan untuk penduduk sekitar. “Untuk memantau dan mencegah api terus menjalar ke pemukiman penduduk, kami mendirikan posko satgas Karhutla Gunung Tampomas,” Ucap Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han). Lebih lanjut Novianto menyampaikan bahwa relawan yang akan hadir membantu agar berkoordinasi dengan Perwira Seksi Operasional Kapt Agus.

img-1571795039.jpg

Sedangkan Bupati Sumedang, dalam sambutan apel mengucapkan terima kasih kepada semua elemen yang sudah terlibat membantu. Bupati juga mengajak semua masyarakat berdoa demi keselamatan Sumedang, juga bahu membahu saling membantu untuk dapat menghentikan kebakaran di Gunung Tampomas.

“Terima Kasih atas segala bantuan yang sudah dilakukan kepada semua pihak, dan mari berdoa untuk keselamatan Sumedang Khususnya, serta mari saling bahu membahu memghentikan kebakaran Tampomas. Saya sedang berusaha meminta Bantuan BNPB, semoga segera datang dan berhasil memadamkan seluruh lokasi, ” terang Bupati. (Rauf Nuryama) ***

%d blogger menyukai ini: