Cadas Pangeran dan Indahnya Pohon Bungur

Siapa yang tidak tahu atas keindahan Cadas Pangeran? Semua orang akan menyepakati bahwa Cadas Pangeran adalah jalan berliku yang sangat indah. Apalagi kalau kebersihannya, kios-kiosnya dibuat rapi , lampu PJU yang terawat, dan taman serta tulisan Cadas Pangeran di Tugu Patung Daendels -Pangeran Kornel yang terawat, pasti Cadas Pangeran makin indah dipandang mata.

Cadas Pangeran, menurut laman Wikipedia, adalah nama suatu tempat, kira-kira enam kilometer sebelah barat daya kota Sumedang, yang dilalui jalan raya Bandung—Cirebon. Pemberian nama ini terkait dengan pembangunan Jalan Raya Pos Daendels yang melintasi daerah ini. Karena medan yang berbatu cadas, lima ribuan jiwa pekerja kehilangan nyawanya.

Cadas Pangeran dalam perkembangannya terus berbenah. Kini jalan Cadas Pangeran sudah lebar, tidak kecil seperti zaman dulu. Penerangan Jalan Umumnya juga sudah kiri kanan, bahkan pada malam hari di pagar pembatasnya menyala lampu warna merah. Konon lampu warna merah dipasang zaman pemerintahan dipimpin Bupati Eka Setiawan. Bahkan dulu sempat ada lampu-lampu hias pada setiap PJU- nya yang tentu menambah indahnya Cadas Pangeran malam hari. Sayang, sekarang sudah tidak ada.

Cadas Pangeran sangat indah manakala dilihat pagi hari atau sore hari. Hijaunya pepohonan di sepanjang jalan Cadas Pangeran dan meliuk liuknya jalan, menambah elok. Apalagi kalau embun pagi atau embun sore turun di sekitaran hutan Cadas Pangeran, makin membuat indah Cadas Pangeran.

Atas keindahan Cadas Pangeran, pernah 700 orang polisi, TNI dan ASN di Kabupaten Sumedang menghiasi Cadas Pangeran dengan Bendera Merah Putih sepanjag 3000 meter. Tentu menambah deretan indahnya Cadas Pangeran.

Kini, di saat musim hujan, Cadas Pangeran dihiasi dengan bunga pohon bungur. Dinamakan demikian, karena bunga dari pohon ini berwarna bungur.

Di Wikipedia, bungur (Lagerstroemia, /ˌleɪɡərˈstriːmiə/) adalah sejenis tumbuhan berwujud pohon atau perdu yang dikenal sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan. Bunganya berwarna merah jambu, bila mekar bersama-sama akan tampak indah. Perbanyakan anakannya berasal dari biji yang keluar setelah proses pembungaan selesai.

Bila kita melintasi jalan Cadas Pangeran dari arah Sumedang, bunga bungur akan mulai terlihat setelah Rumah Makan Ponyo dekat jembatan terus sepanjang Cadas Pangeran. Warna bunganya yang indah, menambah sejuknya Cadas Pangeran.

Pada suatu saat, mantan PLT Bupati Sumedang, Sumarwan ingin menanam pohon bungur di sepanjang jalan di Sumedang. Menurutnya, bila sedang berbunga, pohon bungur akan terlihat indah dari udara bagi para penumpang pesawat yang melintasi Sumedang yang akan ke BIJB Kertajati atau sebaliknya.*

Hits: 31