Coming Soon : Menpan RB, Launching Mal Pelayanan Publik Sumedang

Sumedang, TiNewss.com – Jika tidak aral melintang, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sumedang, akan diresmikan tanggal 7 Agustus 2019, oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI, Syafruddin. Semula peresmian, sebagaimana diberitakan Tinewss.com tanggal 24 Juli 2019, dimundurkan menyesuaikan jadwal Menteri.

Demikian disampaikan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, melalui Ketua Pelaksana Tim Teknis Pembentukan dan Penyelenggaraan MPP, H. Ade Setiawan, kepada Tinewss.com (2/7/2019). “Alhamdulillah, setelah melakukan Audiensi dengan Pak Menteri, Kami yang terdiri dari Pak Bupati, Pak Sekda, Kepala BKPSDM, dan saya sendiri Kadis PMPSTP, mendapatkan waktu yang tepat untuk peresmian, yakni tanggal 7 Agustus 2019,” jelas Ade.

Kabupaten Sumedang, menurut Ade, telah ditetapkan menjadi salah satu kabupaten yang menyelenggarakan MPP tahun 2019. Hal ini tertuang dalam Surat Kepmenpan RB Nomor 31 Tahun 2019 tanggal 27 maret 2019. Sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri, MPP Sumedang akan menyelenggarakan 69 jenis layanan dan 87 izin dari 6 instansi vertikal & SKPD Provinsi, 2 BUMD, 7 BUMN dan 8 SKPD Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Dalam rangka optimalisasi persiapan grand launching, Bupati berharap ada soft launching agar memastikan seluruh layanan siap beroperasi. “Uji coba, Insyaa Allah kita lakukan tanggal 15 Juli,” terang Ade.

Seluruh tim, akan melakukan pelatihan dan workshop yang akan dilakukan oleh utusan dari Kemenpan RB. Ade juga, menyatakan akan ada kegiatan workshop bagi petugas khusus bagian verifikasi perizinan.

Design layanan Bappenda Kabupaten Sumedang pada Mal Pelayanan Publik

Terkait dengan design ruangan masing-masing SKPD terkait, Ade menyerahkan design dan pembuatan kepada masing-masing SKPD. “Seperti Bappenda, mereka sudah menyiapkan design dan akan dibuat sendiri ,” jelas Ade.

Selain tempat pelayanan perizinan satu pintu, di MPP juga akan dilengkapi dengan Taman Bacaan, Tempat bermain anak, tempat ibu menyusui, bahkan ada Balai Nikah. “Pak Bupati sudah konfirmasi, Beliau bersedia menjadi saksi bagi warga Sumedang yang akan melangsungkan pernikahan, tentunya menyesuaikan dengan jadwal beliau,” tutup Ade. (Rauf Nuryama)***