Dalam Seminggu, 2 Pejabat Sumedang Laporkan Akun Facebooknya Di Retas, Pelaku Minta Transfer Uang

Ilustrasi Hacker

Sumedang, TiNewss.com – Setidaknya dalam satu minggu ini, 2 Akun Facebook pejabat di Sumedang, melaporkan telah di retas oleh orang tidak bertanggungjawab. Sebut saja, Akun SatpolPP Kabupaten Sumedang yang melaporkan Akun Facebook Kepala Satpol PP Sumedang Bambang Rianto, di retas. Satu lagi, Akun Facebook Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Agus Wahidin. Berbeda dengan Bambang, Agus mengumumkan sendiri di wall facebook-nya.

“Waspada PENIPUAN mengatasnamakan BAMBANG RIANTO (Kasatpol PP Kabupaten Sumedang). JANGAN DIPERCAYA ITU PENIPUAN. Mohon disebarluaskan. Terimakasih.” kata akun satpolpp Kabupaten Sumedang pada hari Selasa, 4 Februari 2020 pukul 15:58 WIB.

Akun Satpolpp Kabupaten Sumedang, mengumumkan bahwa akun Kepala SatpolPP Kabupaten Sumedang, Bambang Rianto, telah diretas.

Serupa dengan Bambang, Agus juga menyampaikan pengumuman pada akun facebooknya, demikian :

PENGUMUMAN:

Utk kesekian kalinya nama dan foto profil akun fb sy diretas/diduplikasi oleh pihak yg tdk bertanggungjawab.
Sahabat yg melihat postingan dan atau menerima pesan yg mencurigakan/penipuan/asusila dari akun yg memalsukan akun sy, mohon abaikan, blokir atau kiranya berkenan memberitahukan sy. Trm kasih Kang Asep Dadang AinkKuaink Bonsai 🙏 dan utk rekan semua🙏

Demikian bunyi pengumuman tersebut, yang diunggah Agus Wahidin pada hari Jum’at (7/2/2020) pukul 14:00 WIB.

AKUN PALSU

Akun Facebook Agus Wahidin Asli. menunjukan jumlah pertemanan sudah cukup banyak.

Selain dari 2 Pejabat Sumedang, Redaksi juga mengamati laporan dan pengumuman serupa cukup banyak. Sebut saja, Amalia. Melalui beberapa akun media sosial, Amalia melaporkan kalau akun facebook anaknya diretas oleh orang tidak bertanggungjawab. Berbeda dengan Bambang dan Agus, akun milik anaknya Amalia, diganti profil dengan nama orang lain dan berganti nama juga, Kamis (6/2/2020).

Peretasan akun media sosial oleh para hacker, biasanya dilakukan untuk mencari tahu tentang orang tersebut, namun bisa juga dipergunakan untuk hal-hal yang merugikan pemilik akun. Seorang netizen memberikan komentar terhadap kasus ini. ” Ngeri nya.. make naroskeun saldo duh…hoyong d trf sagala,” ungkap netizen dengan akun @Herry Feihunkz mengomentari pengumuman Agus Wahidin.

Bagaimana jika akun facebook Anda di retas?

Jika akun facebook Anda di retas, hal yang harus anda lakukan adalah pelaporan akun facebook Anda, yang kedua pulihkan pasword Anda

Berikut ini Kami akan menyampaikan bagaimana caranya membuat dan melaporkan akun fb yang diretas, serta mengembalikan akun fb anda kembali bisa dibuka, jika peretasan mengakibatkan fb anda tidak bisa dibuka.

LAPORKAN AKUN ANDA

 

Masuk ke laman : www.facebook.com/help atau tautan ini untuk segera melaporkan akun Facebook yang sudah diretas. Pada tab bagian atas, pilih opsi Privacy and Safety dan pergi ke Hacked and Fake Accounts

AMANKAN AKUN ANDA

 

Beranjak ke kategori Hacked Accounts dan klik “I think my account was hacked or someone is using it without my permission” (Saya pikir akun saya diretas atau seseorang menggunakannya tanpa izin). Klik tautan bertuliskan “Secure your account” dan pilih Get Started.

Setelah proses pengamanan berlangsung, klik opsi Continue untuk melanjutkan.

Ganti Password

Pertama, ganti password-mu, usahakan password yang digunakan adalah password yang tidak dipakai di media sosial lainnya. Setelah itu, cek dan hapus aplikasi yang menurut kamu tidak perlu dihubungkan ke Facebook.

Selamat Mencoba!

Kontributor: Rauf Nuryama,  Sumber : Berbagai Sumber termasuk Peraturan dari Faceook, dan Liputan6.com

%d blogger menyukai ini: