Desain Masa Depan oleh Diri Sendiri

Jangan sekali-sekali membiarkan masa depan hidup kita dikendalikan orang lain. Kalau saja sekarang masih dikendalikan orang lain, cepatlah sadar dan bangun masa depan dengan kekuatan sendiri. Desain masa depan oleh diri sendiri, dan jangan biarkan masa depan kita didesain oleh orang lain untuk kepentingannya.

Dalam kehidupan, orang terkadang dikendalikan oleh orang lain untuk kepentingan diri si pengendali. Biasanya orang-orang yang dikendalikan orang lain adalah yang belum memiliki kemandirian dalam ekonomi. Dalam kondisi demikian, maka sangat mudah bagi orang lain untuk mengendalikan hidup kita. Kita tidak memiliki kebebasan dalam berbagai hal. Semua atas kendali orang lain yang memiliki kuasa dalam bidang ekonomi.

Dalam bidang pekerjaan, juga seringkali orang yang tidak memiliki kekuatan selalu menjadi obyek yang dikendalikan oleh yang memiliki kuasa /kekuasaan. Maka dengan mudah penguasa mengendalikan orang-orang yang yang mau dikendalikannya.

Kesemua itu, sebagian besar proses pengendalian pihak lain oleh yang berkuasa secara ekonomi dan kekuasaan adalah untuk memenuhi kebutuhannya. Mendesain kehidupan orang lain itu, pada dasarnya untuk memenuhi kebutuhan dirinya. Dan bila ini terjadi pada kita, kemerdekaan diri kita itu tidak ada. Kemandirian kita itu tidak ada. Kita ada dalam genggaman pengendali.

Oleh karena itu, hal yang harus dilakukan adalah cepat-cepat sadar bahwa kita ada dalam kendali orang lain. Makin lama kita ada dalam kendali orang lain, makin sulit kita untuk terlepas dari jerat pengendali. Sehingga solusi yang ditempuh harus benar-benar membuat lepas dari jerat pengendali.

Adapun solusi-solusi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kita harus memiliki power (kekuatan) yang membuat kita tidak akan dikendalikan oleh orang lain. Kekuatan itu bisa dalam bentuk ekonomi maupun kekuasaan. Bila kita mempunyai power, sulit bagi orang lain untuk mendesain hidup kita.
  2. Memiliki visi masa depan yang jelas. Kalau kita memiliki visi masa depan yang jelas, maka desain masa depan itu sulit dikendalikan orang lain. Pertahankan visi masa depan ini jangan sampai goyah dan terpengaruh orang lain.
  3. Memiliki prinsip dan harga diri. Bila kita memiliki prinsip yang jelas dan harga diri yang dipertahankan dengan kekuatan penuh, maka sulit bagi orang lain untuk mengendalikan hidup kita. Oleh karenanya, prinsip hidup dan harga diri harus tetap dipertahankan.
  4. Memiliki diferensiasi dan value added. Kita seyogyanya memiliki pembeda dari orang lain. Kita memiliki keunggulan positif lebih dari orang lain. Kita juga harus memiliki nilai tambah dari orang lain. Maka bila ini ada dalam diri kita, akan sulit bagi orang lain untuk mendesain hidup kita untuk kepentingan dirinya.

Selamat mencoba membangun masa depan dengan cara mendesain masa depan diri sendiri oleh diri sendiri dan jangan biarkan orang lain mendesain masa depan kita untuk kepentingan dirinya.*