Galian C Ditutup, Sejumlah Pengusaha Tambang Hadir Di Kantor Camat Cimalaka

Sumedang,TiNewss.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, mulai bertindak tegas terhadap penambang liar yang ada di Kaki Gunung Tampomas. Pasca Sidak yang dilakukan Wakil Gubernur Jawa Barat, H Uu Ruzhanul Ulum dan Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan beberapa hari lalu, langsung menutup Semua aktivitas pertambangan bagi pengusaha yang tidak memiliki Izin. Hal ini, ditegaskan kembali hari ini oleh Asep Aan Dahlan, Camat Cimalaka, dalam rapat koordinasi dan evaluasi yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Cimalaka dengan Pengusaha Tambang, di Kantor Camat, Selasa (4/2/2020).

“Sebagai tindak lanjut Sidak Pak Wagub dan Pak Wabup, Hari ini Kami mengundang semua para pengusaha tambang yang ada di Kecamatan Cimalaka. Intinya, Kami instruksikan bagi para pengusaha tambang yang tidak mempunyai izin, agar segera menghentikan aktifitas tambangnya,” tegas Aan.

Namun demikian, Aan memberikan kelonggaran bagi pengusaha yang tengah menempuh perizinan, diharapkan segera melengkapi dan menyelesaikan izinnya, dan selama izin belum diterima aktivitasnya tetap berhenti sementara.

“Sedangkan bagi pengusaha yang sudah memiliki izin, diharapkan bisa melakukan penghijauan di lokasi bekas galian C dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar,” ucapnya.

“Lebih dari itu, Paguyuban Pengusaha Tambang (PPT) Sumedang telah menyepakati akan dilakukan penghijauan di arae bekas galian pada Sabtu (8/2/2020) nanti, disitu akan ditanam ribuan pohon jenis buah buahan,” tandasnya.

Aan mengakui, pihaknya telah menginventarisir, terdapat 20 perusahaan belum mengantongi izin galian C diwilayah Cimalaka. Sehingga, diharapkan melalui pertemuan tersebut, dapat meminimalisir aktifitas tambang yang belum mempunyai izin.

Sementara itu, perwakilan PPT Sumedang, Atang, mengapresiasi positif Sidak yang dilakukan Wagub dan Wabup Sumedang beberapa hari yang lalu ke lokasi tambang galian C di Cimalaka. “Setelah sidak kemarin, kan jadi tahu mana tambang yang sudah memiliki izin dan mana yang belum,” ujar Atang kepada wartawan seusai rapat koordinasi dan evaluasi terkait proses perizinan galian C di Aula kantor Kecamatan Cimalaka.

Sebagaimana diberitakan media ini, Wagub Jabar dan Wabup Sumedang, pada hari Minggu (2/2/2020) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di lokasi Galian C, Kaki Gunung Tampomas, daerah Cimalaka Sumedang. Pada Kesempatan itu, Wagub Uu melakukan pengecekan izin-izin, yang ternyata tidak ada. Atas rekomendasi Wagub, Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan, dengan tegas memerintahkan untuk menutup operasional kegiatan penambangan yang tidak berizin tersebut, bahkan perintah untuk memberi garis polisi (police line). (Rauf Nuryama)***

%d blogger menyukai ini: