Galian C Tak Berizin, Ini Perintah Wagub Jabar

Pangandaran, TiNewss.com – Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum, meminta Wakil Bupati dan Wakil Walikota se-Jawa Barat untuk dapat memonitor setiap kegiatan pertambangan yang ada di daerahnya. Demikian di sampaikan Wagub, pada sesi sambutan dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor), di Pangandaran, Jumat (7/2/2020)

“Pertambangan di beberapa daerah haruslah memiliki izin, dan pastinya tidak merusak lingkungan, maka dari itu saya tekankan kepada Wabup dan dan Wakil Walikota agar melakukan pengecekan terhadap aktifitas pertambangan” ujar Uu.

Rapat Koordinasi ini, untuk menindaklanjuti banyak ditemukannya penambangan liar saat Wagub Sidak ke beberapa daerah di Jawa Barat, termasuk Galian C yang berada di Sekitar Gunung Tampomas, Sumedang (2/2/2020). Wagub Jabar H Uu Ruzhanul Ulum mengundang para Wakil Bupati dan Wakil Walikota se-Jawa Barat.

Rapat Koordinasi yang mengusung tema “Sosialisasi Anti Korupsi dan Pengelolaan Pertambangan di Jawa Barat” turut dihadiri oleh Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan.

Kepada TiNewss.com, Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, menyatakan akan terus memonitor aktifitas pertambangan yang berada di Sumedang.

“Saya akan terus melaksanakan penertiban terhadap aktifitas pertambangan, supaya tidak berdampak buruk bagi lingkungan sekitar, dan tidak merusak alam, supaya SDA di Kab.Sumedang dapat di manfaatkan dengan baik” tutur Erwan.

Dalam menindaklanjuti Sidak Wagub Jabar dan Wabup Sumedang, beberapa hari yang lalu bertempat di Kantor Kecamatan Cimalaka Sumedang, Camat Cimalaka juga mengundang para pengusaha pertambangan. Dalam kesempatan itu, Camat memastikan kepada para pengembang yang belum memiliki izin agar melakukan pengurusan izin, serta harus melakukan penghentian operasional. Dan kepada penambang yang berizin, agar segera melakukan reboisasi di lokasi eks pertambangannya.

Sementara itu, ada warganet yang melaporkan ke redaksi TiNewss, bahwa masih ada kegiatan penambangan oleh pengusaha yang diduga tidak berizin. “Hapunten abdi ngawagel waktosna, dupi daftar galian nu teu gaduh izin teh nami-nami na saha wae nya?” (Maaf mengganggu waktunya, kalau daftar galian yang tidak berizin siapa saja namanya) disampaikan warganet yang minta identitasnya tidak disebutkan.

Foto di ambil oleh Warganet sekitar pukul 06:00 WIB, (5/2/2020)

Alasan warganet menyampaikan informasi ini, karena di daerahnya sekitar Margamukti, Licin Cimalaka, aktivitas penambangan masih dilakukan, padahal disinyalir perusahaan tersebut tidak berizin. (Gumbira-Rauf Nuryama)***

%d blogger menyukai ini: