Hindari Penyebaran Corona, Belajar Di Rumah Dengan Google Classroom, Ikuti Petunjuknya!

Sumedang, TiNewss.com – Pemerintah Daerah telah memutuskan untuk menghindari dan meminimalisir penyebaran Virus Corona (Covid-19), dengan cara tidak keluar rumah, PNS bekerja dari rumah, menghindari kontak fisik. melakukan social distancing (atau pembatasan hubungan sosial), termasuk mengeluarkan kebijakan kepada siswa untuk belajar di rumah, alias sekolah libur.

Namun demikian, tidak atau belum semua daerah memberikan petunjuk teknik bagaimana semua dilakukan. Melalui Kementrian PAN-RB, Pemerintah sudah mengatur bagaimana caranya PNS yang boleh bekerja dari rumah. Bagaimana dengan siswa belajar dari rumah?

Keadaan yang memaksa kita untuk berpikir dan kreatf. Kebutuhan ini yang membuat kita menjadi ingin mencari solusi. Dan tidak sedikit orang kreatif dengan kemampuannya masing-masing, dan pula disesuaikan dengan keadaaan wilayah, termasuk keadaan siswa secara strata ekonomi maupun kepemilikan teknologi informasinya.

Dus, Hampir semua masyarakat di Indonesia sudah memiliki Handphone, android, tablet bahkan PC atau Laptop. Sehingga belajar jarak jauh, bukan suatu hambatan berarti. Lalu bagaimana itu dilakukan?

TiNewss.com berbagi tips, mulai dari yang mudah dan murah sampai yang memiliki derajat paling keren.

Google Classroom merupakan layanan online gratis untuk sekolah, lembaga non-profit, dan siapa pun yang memiliki Akun Google. Google Classroom memudahkan siswa dan guru agar tetap terhubung, baik di dalam maupun di luar kelas.

Google Classroom adalah platform pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah yang bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas.

Layanan ini diperkenalkan sebagai fitur G Suite for Education pada tanggal 6 Mei 2014, diikuti oleh rilis publiknya pada tanggal 12 Agustus 2014.

Pada bulan Juni 2015, Google mengumumkan API Kelas dan tombol berbagi untuk situs web, yang memungkinkan administrator sekolah dan pengembang untuk selanjutnya terlibat dengan Google Classroom.

Pada bulan Maret 2017, Google membuka Kelas untuk mengizinkan pengguna Google pribadi masuk kelas tanpa persyaratan memiliki akun G Suite for Education, dan pada bulan April, dimungkinkan bagi pengguna Google pribadi untuk membuat dan mengajar kelas.

Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan tugas dan distribusi file atau dokumen, Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide untuk menulis, Gmail untuk komunikasi, dan Google Kalender untuk penjadwalan, dan penelusuran Google untuk membantu proyek sekolah.

Siswa dapat diajak ke kelas melalui database institusi, melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah. Setiap kelas membuat folder terpisah di Drive pengguna masing-masing, di mana siswa dapat mengirimkan karya untuk dinilai oleh seorang guru. Aplikasi seluler , tersedia untuk perangkat berbasis iOS dan Android, pengguna bisa memanfaatkan melakukan berbagai aktifitas seperti mengambil foto dan melampirkan tugas, berbagi file dari aplikasi lain, dan mengakses informasi secara offline.

Guru dapat memantau kemajuan setiap siswa, dan setelah dinilai, guru dapat kembali bekerja, dengan komentar, agar siswa merevisi dan memperbaiki tugas. Guru dapat memposting pengumuman ke ruang kelas yang telah dibuat, dan siswa bisa berinteraksi dengan menuliskan komentar.

Berikut Panduan Membuat kelas (pada PC atau Laptop)

Sebagai pengajar, salah satu hal pertama yang dilakukan di Classroom adalah membuat kelas untuk setiap kelas yang Anda ajar. Di kelas, Anda dapat memberikan tugas dan memposting pengumuman kepada siswa.

Siapa pun yang berusia di atas 13 tahun dapat membuat kelas menggunakan Akun Google pribadi.

Namun, jika sekolah Anda memiliki akun G Suite for Education, Anda harus menggunakan email tersebut untuk membuat kelas. Untuk mengetahui detailnya, buka Tentang akun pengguna Classroom.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan guru atau instruktur untuk memulai pembelajaran menggunakan Google Classroom adalah sebagai berikut :

Bukalah Google Classroom atau melalui https://classroom.google.com kemudian login dengan username dan password akun Google pribadi Anda.

Untuk memulai membuat pembelajaran menggunakan Google Classroom bukalah alamat : https://classroom.google.com dan loginlah dengan user dan password akun Google pribadi Anda atau akun Google Suite For Education Sekolah/lembaga Anda.

Jika sudah membuka dan login maka tampilannya adalah seperti ini, dan lanjutkan continue :

Untuk membuat kelas silahkan klik tanda + pada bagian pojok kanan atas dan create class
Berilah nama yang akan Anda buat dan tekanlah create
Jika sudah selesai akan muncul seperti ini :

Menambahkan Siswa
Untuk menambahkan siswa, silahkan pilih dan klik student pada gambar diatas
Ada dua pilihan cara menambahkan siswa :
Mengunakan Kode kelas (nomer satu)
Menggunakan undangan (nomer dua)
Jika menggunakan Kode kelas, maka kode kelas tersebut harus diberikan pada siswa agar dimasukkan sendiri oleh mereka saat membuka dasbord google Classroom sehingga tergabung dengan kelas yang kita ciptakan sebelumnya.
Jika menggunakan Invite Student sebelumnya kita harus memiliki Nama akun atau email siswa untuk ditambahkan satu persatu pada daftar undangan, dan siswa akan mendapatkan pemberitahuan bahwa telah diundang untuk bergabung paa kelas yang muncul pada dasbord Google Classroom maupu pada email masing-masing.
Jika siswa siswa sudah tergabung maka akan mucul daftar nama siswa pada tab student google classroom kita

Membuat Konten Pada Google Classroom


Untuk membuat Konten pada google Classroom, pilih dan klik stream dan pada bagia pojok kiri bawah arahkan kursor pada tanda + sehingga muncul berbagai pilihan aktivitas yang bisa dilakukan

Membuat Pengumuman (Create Anouncement)


Membuat Tugas (Create assignment)


Membuat Pertanyaan (Create question)


Menyalin aktifitas (Reause post)


Membuat Pengumuman (Create Anouncement)


Untuk membuat pengumuman atau sekedar berinteraksi dengan siswa tinggal kita ketikkan saja pada menu create announcement.

Contohnya seperti ini :
Jika siswa diberikan kewenangan untuk menjawab pengumuman, maka komentar dan tanggapan mereka tampilannya sepert ini :

Membuat Tugas (Create assignment)
Untuk membuat tugas kita sebelumnya harus mempersiapkan file bisa berupa gambar, dokumen, video dan lain-lain yang berisi intruksi tentang apa yang harus dilakukan oleh siswa.
Begitupula apa yang akan dilakukan siswa, tugas yang dikerjakan oleh mereka harus dilampirkan pada menu Assigment ini. Progres tentang pengerjaan tugas yang telah dikakukan siswa dapat dilihat oleh guru pada dashbord akan seperti ini :

Untuk lebih jelasnya Bagaimana Panduan Membuat tugas pada Google Classroom, nantikan pada posting kami selanjutnya.


Membuat Pertanyaan (Create Question)


Silahkan tekan create question seperti yangpada gambar langkah 4.


Untuk membuat pertanyaan, ada dua jenis pilihan soal yaitu soal essay dengan jawaban singkat (short answer) dan soal pilihan ganda (multiple choice)


Progress pengerjaan soal pun bisa kita pantau, siapa saja yang sudah mengerjakan dan siapa saja yang belum mengerjakan soal tersebut beserta jawaban mereka
Setelah tugas masuk, kita dapat mengoreksinya dan memberikan skor atas soal yang telah dijawab.


Menggunakan kembali aktivitas (Reuse Post)
Untuk menggunakan kembali aktivitas pembelajaran seperti menyampaikan pengumuman, membuat tugas dan membuat pertanyaan di Google Classroom dari satu kelas ke kelas yang lain, kita bisa menggunakan menu Reuse Post.


Demikianlah informasi singkat tentang Panduan Pembelajaran Menggunakan Google Classroom yang perlu kita kenali dan eksplorasi sebagai alternatif pembelajaran klasikal maupun pembelajaran yang menggunakan basis teknologi lainnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (Editting process)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: