Hujan Lebat Di Pasiringkik Hingga Banjir Lumpur , Viral Di Media Sosial, Di Respon Cepat Pemkab Sumedang

Banjir Lumpur di Pasiringkik, Jalan Raya Sumedang Wado (R Wirahadikusumah), Kecamatan Cisitu Sumedang (11/1/2020)

Sumedang, TiNewss.com – Hujan deras yang terjadi di sekitar Pasiringkik, Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu Sumedang sejak Sabtu sore (11/1/2020) telah mengakibatkan banjir lumpur (tanah bercampur air hujan), hingga luber ke Jalan Raya Sumedang – Wado, serta merendam Rumah Warga.

Air hujan bercampur tanah, membuat pengemudi harus berhati-hati, dan membuat warga sekitar cemas dan waswas. Campuran tanah dan air hujang disinyalir merupakan akibat pembangunan jalan di lokasi Pasir (baca: gunung) menuju lokasi wisata Batudua, yang belum selesai.

Kecemasan warga, terlihat dari statusnya di media sosial facebook, yang kemudian viral dibagikan ke berbagai akun dan group. Terlihat dalam tayangan video, mobil dan motor yang melintas sangat pelan kondisi jalan yang naik dan turun tajam, ditambah dengan banjir air lumpur.

Adalah Ayu Wulandari E Witarya, akun facebook yang meng-upload peristiwa ini. Sampai berita dini diturunkan sudah dibagikan di fb sebanyak 254 kali dan ratusan komentar dari masyarakat netizen.

“Makin parah dan belom ada tindakan dari siapa pun, setiap hujan besar kaya gini terus. yg katanya minggu kmren mau di benerin ( pihak Desa ) sampe skrng mau minggu lagi ga ada batang hidungnya , temen temen bantu share yaaa, lokasi pasiringkik, Bakom desa Linggajaya kec Cisitu,” terang Ayu Wulandari E Witarya dalam akun facebooknya.

Menyikapi hal ini, Camat Cisitu Arry Kusnadi, yang dihubungi Redaksi TiNewss.com semalam mengatakan bahwa dirinya sudah memerintahkan Kepala Desa agar segera melakukan tindakan penyelesaian dilokasi kejadian. Camat juga menyampaikan informasi ini ke Polsek Cisitu, untuk meminta bantuan. “Saya perintahkan kepada Kepala Desa agar segera besok diselesaikan/dibereskan dan juga saya sudah sampaikan ke Kapolsek. Walaupun itu Jalan Kabupaten tapi Pak Kepala Desa siap untuk menyelesaikannya,” jelas Arry.

Tampak dalam Gambar Plt Sekdis PUPR Sumedang, R. Sonny Nurgahara bersama dengan petugas dan warga memeriksa lokasi banjir di Pasiringkik (11/1/2020)

Langkah taktis dan cepat juga dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Sumedang. Sekitar Pukul 00:18 WIB (1/12/2020) dari lokasi, R. Sony Nurgahara, ST., SSos., MSi., Plt Sekretaris Dinas PUPR, menyampaikan bahwa Sekda Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman sudah memerintahkanya untuk melakukan pengecekan ke lokasi banjir lumpur di daerah Pasiringkik, Desa Linggajaya Cisitu pada tanggal 11 Januari 2020. “Sesuai dengan perintah Pak Sekda, yang mendapat informasi dari Humas Pemkab, untuk melakukan pengecekan ke lokasi,” tutur Sonny.

Hasilnya, kata Sonny, air lumpur terjadi akibat aktivitas pembangunan jalan untuk pariwiata Batudua yang dilaksanakan oleh pihak Desa Linggajaya. Rencana pembangunan jalan tersebut sekitar 3,2 KM dan sudah dilakukan pematangan lahan sepanjang 1 KM. Akses jalan tersebut terhubung ke Batudua, lokasi wisata yang kerap dijadikan ajang Lomba Paralayang tingkat Dunia.

“Sebenarnya di lokasi pembangunan jalan sudah dibuatkan saluran, namun demikian belum selesai seluruhnya dan hujan besar tidak bisa menampungnya,” jelas Sonny kepada TiNewss.com melalui sambungan WA.

Lebih lanjut Sonny, menjelaskan bahwa gorong-gorong di bawah jalan desa tidak mampu menampung luapan air hujan yang cukup besar ini.”Akibat kejadian ini, ada rumah warga yang terendam setinggi 60 cm, namun sudah berhasil ditangani, ada juga jalan gang yang longsor, dan tidak ada korban jiwa,” tuturnya.

Sonny juga menjelaskan, langkah Pemerintah selanjutnya adalah pembuatan saluran drainase yang akan dilakukan oleh pihak Desa Linggajaya, serta mengganti dan memperbesar gorong-gorong jalan.

“Insya Allah pihak Desa Linggajaya akan segera membuat saluran drainase, dan mengganti serta memperbesar gorong-gorong jalan,” jawab Sonny ketika ditanya langkah Pemerintah menyikapi kejadian ini.

Apa yang disampaikan Camat Cisitu dan Sekdis PUPR, ternyata dilokasi hari ini pagi (12/1/2020) sudah turun petugas untuk melakukan pembersihan eks banjir lumpur serta pembongkaran gorong-gorong. Hal ini dibenarkan oleh Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, melalui WA kepada Redaksi Tinewss.com pagi ini.

Tampak Petugas bersama dengan TNI dan Polri sudah selesai melakukan pembersihan jalan dari lumpur, dan sedang menggali gorong-gorong.

“Alhamdulillah, saya sudah mendapatkan laporan bahwa pagi ini (12/1/2020) di lokasi banjir lumpur Pasiringkik yang semalam viral, pembersihan jalan sudah selesai dilakukan dan sekarang Tim yang dibantu juga oleh jajaran TNI dan Polri, sedang membongkar gorong-gorong untuk memperbesar saluran air agar tidak terjadi banjir lagi,” tutur Bupati. (Rauf Nuryama)***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: