ICMI Jabar Gelar Workshop Teknologi Digital, Fudiki : Pelaku UKM Perlu Melek Digital

Bandung, TiNewss.com – Pelaku UKM perlu melek tekhnologi digital, seperti halnya yang berbasiskan media sosial. Apalagi saat ini penggunaan gadget dan aplikasi media sosial sudah menjadi kebutuhan sehari hari masyarakat. Demikian disampaikan Tjahyo Ruruh Djatmiko, Ketua Umum Fudiki pada acara Workshop yang di gelar oleh ICMI Jabar, Kamis 13/2/2020)

“Sekarang ini hampir semua orang pegang handphone, seakan dunia ada digenggaman. Tentunya itu menjadi peluang bagi para pelaku UKM untuk mempromosikan produknysa secara masif,” jelas Tjahyo seraya mengatakan selama ini Fudiki terus berupaya untuk mendorong pengembangan usaha para pelaku UKM.

Workshop yang diselenggarakan oleh ICMI Orwil Jabar dalam Pengembangan Tekhnologi Digital Industri Kreatif dan KUKM tersebut berjalan cukup meriah dan dihadiri para pelaku usaha di Jawa Barat.

Hadir sebagai Narasumber, Tjahyo Ruruh Djatmiko selaku Ketua Umum Forum UKM Digital Kreatif Indonesia (Fudiki), Eka Permana Pakar IT Digital (Madani Link), Agus Hermawan Pemimpin Redaksi Javanews.tv. Para narasumber pun membahas manfaat digital tekhnologi untuk pengembangan usaha para pelaku UKM.

Hal itu seiring dengan perkembangan tekhnologi yang sangat pesat. Sehingga para pelaku UKM pun diharapkan bisa paham dan bisa menggunakan digital tekhnologi sebagai sarana untuk pengembangan usaha.

Dalam sambutannya, Ketua Umum ICMI Jabar, Muhamad Najib mengatakan, saat ini perkembangan teknologi sangat pesat. Hal tersebut pun mendorong persaingan usaha menjadi sangat ketat. Bahkan di era industri 4.0 ini tekhnologi digital menjadi hal yang utama perlu dipelajari dan dikuasai para pelaku usaha.

“Seiring dengan itu, persaingan usaha pun menjadi sangat ketat. Itu terlihat dari banyaknya supermarket yang tutup dan gulung tikar. Begitu juga dengan bisnis lainnya, seperti halnya bisnis transportasi. Tentunya ini tidaklah lepas dengan perkembangan tekhnologi digital,” jelas Najib.

Namun demikian disisi lain, lanjutnya, perkembangan tekhnologi digital pun tentunya bisa menjadi peluang yang sangat besar dalam pengembangan usaha UKM. Bahkan dengan kehadiran tekhnologi digital berbasiskan media sosial, seperti halnya facebook, youtube, instagram, whatsapp itu bisa memudahkan UKM untuk melakukan promosi secara masif.

“Pada dasarnya pelaku UKM harus mengerti bagaimana menggunakan dan memanfaatkan media sosial untuk sarana promosi produk. Sehingga produk UKM pun bisa lebih dikenal masyarakat dan mendorong penjualan,” katanya. (Rauf Nuryama)

%d blogger menyukai ini: