Ini Gebrakan Baru Disdukcapil Sumedang, Yang Membuat Antrian Luar Biasa Terjadi Di MPP Sumedang

Sumedang, TiNewss.com – Ada satu hal yang diluar kebiasaan, seperti hari Sabtu pada umumnya dimana semua layanan Pemerintah libur, namun berbeda dengan apa yang terjadi di Mal Pelayanan Publik (MPP) Sumedang, hari ini Sabtu (15/2/2020). Ratusan orang antri. Ketika Tim Redaksi TiNewss konfirmasi, ternyata adalah layanan baru dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang.

Kepala Dinas (Dukcapil) Kabupaten Sumedang, H Achmad Kusnadi, membenarkan kegiatan ini di inisiasi oleh Disdukcapil Sumedang. menurutnya, Disdukcapil Sumedang kembali mengadakan langkah terobosan dalam layanan masyarakat untuk pemenuhan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) dengan cara menjaring para pemula untuk melakukan perekaman KTP Eleltronik (KTPEl).

Adapun sasarannya adalah para pelajar tingkat SLTA/sederajat yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, dan tentunya yang belum memiliki KTPel. Kegiatannya sendiri berlangsung pada hari ini, bertempat di lantai 2 gedung MPP.

“Kami mencoba program ini dengan maksud sebagai langkah persiapan bagi para anak sekolah level SLTA/sederajat yang sudah berusia 17 tahun untuk membuat KTPel, sehingga kelak jika mereka lulus sudah memiliki KTPel yang berguna untuk melanjutkan sekolah dan atau melamar pekerjaan,” ungkap Achmad Kusnadi.

Antusiasme masyarakat/pelajar sungguh luar biasa. “Saat kami buka layanan mulai pukul 13.00 sampai pukul 16.30, antrian sudah mencapai lebih 416 orang dan ini diluar dugaan kami, padahal informasi ini hanya disebar melalui media sosial,” terang Achmad kagum atas atensi dari para pemohon.

Layanan jika dilanjutkan baru akan selesai sekitar pukul 23:00 WIB. Untuk itu, antrian akan kami batasi hanya sampai pukul 18.00 saja.

Proses Rekaman Data bagi pemohon KTPEl, di MPP Sumedang (15/2/2020)

SIMOYAN

Lebih lanjut dikatakan Achmad, bahwa Disdukcapil terus melakukan langkah inovasi dan pembenahan dalam pelayanan adminduk kepada masyarakat, antara lain melalui layanan jemput bola Simoyan yang mencapai pelosok desa, selain juga memberikan informasi dan tanggapan atas layanan yang diberikan kepada warga terkait pemenuhan dokumen adminduk.

“Kami akan melakukan langkah terobosan lainnya dengan melakukan perekaman ke sekolah-sekolah tingkatan SLTA/sederajat di beberapa wilayah Kabupaten Sumedang, yang akan dijadwalkan kemudian,” ungkap Achmad.

Diakhir pertemuan, Achmad mengatakan bahwa pihaknya akan terus bekerja keras dalam proses layanan pemenuhan dokumen adminduk warga Sumedang.

“Kami akan terus bekerja keras untuk memberikan layanan yang terbaik bagi warga Sumedang, sebagai dukungan terhadap program Sumedang Simpati Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir. Mohon do’a dan dukungan dari semua semuanya agar kami diberikan kesehatan, kekuatan dan kelancaran dalam melaksanakan tugas kami,” pungkasnya. (Rauf Nuryama)***

%d blogger menyukai ini: