Ini Perbedaan FBE dengan Koperasi Lainnya

Yogyakarta, TiNewss.com – Fudikop Business Eranial (fbe), adalah Badan Usaha Milik Rakyat dengan bentuk usaha Koperasi, yang mana seluruh anggotanya sebagai pemilik saham. Demikian di sampaikan Tjahjo Ruruh Djatmiko (TRD), Ketua Umum Fudiki, di Yogyakarta (20/12/2019)

TRD menjelaskan, konsep besar fbe adalah Koperasi, namun demikian ada beberapa perbedaan dengan Pakem Koperasi secara keseluruhan.

Pertama, menurut TRD, Logo fbe, berbeda dengan Logo Koperasi yang selalu menampilkan lambang Padi dan Kapas. “Kita tampilkan logo yang modern, dinamis, sebagai cerminan era milenial yang perubahannya cepat dan dinamis, tidak statis”, jelasnya.

Kedua, di depan nama fbe, tidak disebutkan nama Koperasi sebagaimana Koperasi kebanyakan. Hal ini sebagai daya tarik, sehingga branding ini diharapkan bisa lebih menjual, sejajar dengan perusahaan perusahan besar lainnya.

Ketiga, jika koperasi pada umumnya mewajibkan adanya Simpanan Pokok, Simpanan Wajib dan Simpanan Sukarela, fbe cukup dengan Simpanan Pokok saja, satu kali selama menjadi, yang kami sebut dengan Saham, dan sebagai bukti keanggotaan. “Saham itu sendiri, Insyaa Allah tidak akan digunakan sebagai modal usaha, tetapi akan disimpan sebagai Dana Abadi”, jelas TRD.

Perbedaan berikutnya, kata TRD, fbe akan melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara digital. Hal ini dalam rangka efisiensi dan efektivitas. “Anggota kami dari pelaku UMKM seluruh Indonesia, jika RAT harus tatap muka, berapa biaya yang harus dikeluarkan pelaku UMKM. Dengan RAT Digital, menjadi solusi terbaik. Jikalaupun dana untuk RAT ada, ini jauh lebih baik digunakan sebagai Modal untuk pengembangan usaha, ” terang TRD.

Masih menurut TRD, FBE, akan mengawali usahanya dari Bisnis pemasaran produk milik anggota, yang dijual oleh anggota lainnya, yang memberikan keuntungan baik kepada pemasar, pemilik produk, termasuk keuntungan untuk fbe. (Rauf Nuryama) ***