Inilah Para Juara West Java Paragliding Championship 2019

Sumedang, Tinewss.com – Setelah dilaksanakan selama sepekan, even West Java Paragliding World Championship and Culture Festival 2019 yang digelar di tiga tempat yaitu, Kampung Toga, Batudua dan Jatigede, akhirnya resmi ditutup oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (27/10) malam.

Acara Closing Ceremony dilaksanakan di halaman Gedung Negara dirangkaikan dengan pengumuman pemenang dan penyerahan trofi dan hadiah kejuaraan. Acara pun terasa semakin meriah karena diisi dengan berbagai acara hiburan berupa penampilan grup band Heartbeat, tari tradisional, penyanyi Uci Sucita dan Rita Tila dengan diiringi musik etnik Samba Sunda.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan West Java Paragliding World Championship 2019. Ia pun berjanji, pihaknya akan terus mendorong dan memberikan support terhadap penyelenggaran event yang akan datang.

Dikatakan Kang Emil, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga telah memutuskan untuk menjadikan even ini sebagai turnamen tahunan dan unggulan Jawa Barat. Menurutnya, selain sebagai turnamen olahraga, even tersebut bertujuan mempromosikan pariwisata Sumedang sekaligus mewakili Jawa Barat khususnya bidang Sport Tourism serta mendukung upaya Pemprov Jawa Barat menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata.

“Sudah kita putuskan (West Java Paragliding World Championship and Culture Festival) adalah kegiatan unggulan, karena ekposur ke luar negerinya luar biasa, mempromosikan kuliner, pariwisata, keramahtamahan, dan lain-lain. Bagian dari strategi Jawa Barat akan fokus lima tahun ke depan sebagai provinsi pariwisata.,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Kang Emil, ia menitipkan pesan kepada Bupati dan Wakil Bupati, selain melaksanakan berbagai even, agar terus mengeksplorasi keindahan Sumedang, keindahan Jatigede, bukitnya dan lain-lain agar menjadi sebuah unggulan dalam lima tahun kedepan.

“Inilah buktinya, dengan festival dan kegiatan yang dikelola secara profesional para tamu datang dari seluruh dunia. Jadi saya sangat mengapresiasi. Hatur nuhun Pak Bupati. Kita akan sponsori dan dukung terus,” katanya.

Sementara itu, Bupati sumedang H. Dony Ahmad Munir meyakini dengan suksesnya even kejuaraan dunia paralahang tersebut, Kabupaten Sumedang semakin percaya diri untuk menjadi destinasi wisata kelas dunia. Menurutnya, even tersebut menjadi jembatan emas agar dunia pariwisata Sumedang menjadi yang terdepan.

“Sekarang Sumedang menjadi semakin percaya diri untuk menjadi kabupaten pariwisata yang mempesona hingga menjadi tujuan destinasi wisata kelas dunia. Dengan dukungan aksebilitas, amenitas dan ragam atraksi kelas dunia seperti Paragliding World Championship ini, Sumedang optimistis untuk ke depannya” harap Bupati.

Adapun hasil akhir selama sepekan pelaksanaan lomba yang mempertandingkan kelas accuracy dan cross country adalah sebagai berikut :

Daftar Pemenang Kelas Cross Country Kategori Overall

Juara Nama Atlet Negara Skor

I Chigwon Won Korea Selatan 2.652

II Pal Takats Hungaria 2.627

III Hongsu Seo Korea Selatan 2.498

Daftar Pemenang Kelas Cross Country Kategori Women

Juara Nama Atlet Negara Skor

I Petra Silvova Chekoslowakia 2.496

II Hyunhee Kim Korea Selatan 2.142

III Junghun Park Korea Selatan 1.521

Daftar Pemenang Kelas Accuracy Kategori Individual Overall

Juara Nama Atlet Negara Skor

I Purnomo Alamsyah Indonesia 10

II Aris Afiansyah Indonesia 12

III Galih Darmawan Indonesia 13

Daftar Pemenang Kelas Accuracy Kategori Individual Female

Juara Nama Atlet Negara Skor

I Baek Jinhee Indonesia 40

II Silviana Bebby Kumalasari Indonesia 148

III Renita Dewiya Indonesia 222

Daftar Pemenang Kelas Accuracy Kategori Team

Juara Nama Tim Nama Atlet Negara Skor

I BOPUNSU Purnomo Alamsyah Indonesia 168

    Galih Darmawan      

    Rustandi Ibet       

    Fazka Muhammad Gani     

II JAWARA 2 Rizky Maulana Indonesia 237

    M. Hasan Mustopa        

    Risman Supriadi     

    Samto Manguncipto       

III TEAM KOREA ONE Jungmin Lee Korea Selatan 299

    Jihun Yoo       

    Seongmin Lee        

    Donghyeon Oh        

Sumber : mediacenter