Jalan Lingkar Timur Jatigede, Destinasi Wisata Jatigede, Permudah Akses Priangan Timur Ke BIJB

Sumedang,Tinewss.com – Jalan Lingkar Timur Jatigede, melingkar mengelilingi Bendungan Jatigede sebelah Timur menghubungkan Kecamatan Jatigede, Jatinunggal dan Wado di Kabupaten Sumedang. Namun demikian, Jalur ini juga membuat akses dari Priangan Timur menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) semakin mudah dan bisa menikmati indahnya Waduk Jatigede.

Jalan Lingkar Timur Jatigede, proses pengerjaannya oleh Satuan Kerja Kementerian PUPR. Anggaran untuk proyek Jalan Lingkar ini dari Kementerian PUPR.

Jalan Lingkar Timur Jatigede juga menjadi penghubung Desa di Kecamatan Jatigede, yakni mulai dari Cijeungjing – Jemah – Cisampih – Ciranggem dan Mekarasih di Kecamatan Jatigede sampai ke Kacamatan Jatinunggal dan Wado.

Pembangunan Bendungan (Waduk) Jatigede berangsur beres. Waduk Jatigede merupakan sebuah waduk yang terletak di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Pembangunan waduk ini telah lama direncanakan sejak zaman Hindia Belanda. Waduk ini mulai dibangun tahun 2008 pada masa kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono dan baru diresmikan pada tahun 2015 serta beroperasi penuh pada 2017.

Waduk ini dibangun dengan membendung aliran Sungai Cimanuk di wilayah Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang dengan kapasitas tampung 979,5 juta meter kubik air. Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia.

Walau waduk ini mulai diresmikan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuldjono melalui pengisian awal (initial impounding) Waduk Jatigede, di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Senin (31/8/2015), pembangunan infrastruktur yang lain masih terus berlangsung. Salah satunya adalah Jalan Lingkar Timur Jatigede.

Pembangunan Jalan Lingkar Timur Jatigede, sekarang sudah selesai. Jalan berhotmiks dan lebar ini memberikan kemudahan bagi masyarakat disekitarnya. “Alhamdulillah dengan adanya jalan ini memudahkan kami untuk menuju kecamatan Jatinunggal,” kata seorang warga yang menggunakan sepeda motor.

Dalam pantauan TiNewss.com, masyarakat bukan hanya mudah akses transportasi tetapi banyak yang memanfaatkan untuk berwisata di sepanjang jalur jalan Lingkar Timur Jatigede, karena sepanjang jalan dari Sarimekar sampai kecamatan Jatigede, jalanan dihiasi pemandangan indah waduk Jatigede. Apalagi ada rest area di Panenjoan. Bahkan banyak yang berfoto mengabadikan indahnya pemandangan waduk Jatigede.

Seorang penguna jalan dari Tasikmalaya, sengaja melewati jalur Jalan Lingkar Timur Jatigede untuk menuju ke BIJB. “Alhamdulillah sekarang ke BIJB lebih mudah dan lebih cepat,” seraya menjelaskan bahwa dari Malangbong menuju Wado dan belok ke arah Jatinunggal tepatnya di Sarimekar sudah terhubung jalan Lingkar Timur Jatigede. Dan sekeluarnya dari Jalan Lingkar Timur Jatigede di Tomo, pengguna jalan belok kanan menuju ke arah Kadipaten yang mengarah ke Bandara. (Asep D Darmawan)***