Jalan Lingkar Timur Jatigede , Kini Banjarsari – Cengkareng Cukup 4 Jam Saja

Sumedang,TiNewss.com – Selesainya Jalan Lingkar Timur Jatigede mempercepat waktu tempuh dari Banjarsari Kecamatan Jatinunggal kabupaten Sumedang ke Cengkareng Jakarta Barat DKI Jakarta. Kalau melalui jalan tol Cileunyi biasanya ditempuh sekira 6-7 jam, tapi melalui jalan Lingkar Timur Jatigede, lanjut Cipali bisa ditempuh dengan waktu 4 jam.

Demikian disampaikan Teguh Putu Angrum kepada TiNEWSS.com menanggapi mulusnya Jalan Lingkar Timur Jatigede. “Saya bersyukur jalan ini sudah selesai, jadi bisa menghemat waktu sekira 2-3 jam waktu tempuh,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Otong, perjalanan melalui Jalan Lingkar Timur Jatigede, telah mempercepat waktu tempuh Banjarsari (Jatinunggal) ke Cirebon. “Biasanya kalau lewat Sumedang, bisa 4 -5 jam baru sampai, sekarang cukup 1-2 jam saja,” ucapnya.

Di tengah perjalanan, tidak sedikit yang sengaja berhenti untuk sekedar selfie.

Jalan Lingkar Timur Jatigede, adalah jalan baru yang menghubungkan Desa Sarimekar (tetangga desa Banjarsari) di Kecamatan Jatinunggal, menuju Cijeungjing di Kecamatan Jatigede, dengan melewati pinggir Waduk Jatigede sebelah Timur. Dengan panjang sekitar 10 KM, dan lebar lebihd dari 8 Meter, membuat perjalanan lebih mudah dan nyaman.

Namun demikian, penelusuran TiNewss.com di lokasi tersebut, harus tetap hati-hati, karena musim hujan, beberapa longsoran terjadi. Untuk perjalanan di malam hari, juga harus hati-hati mengingat sepanjang jalan secara keseluruhan melewati lokasi yang sepi dan belum sepenuhnya ada penerangan jalan.

Sepanjang Perjalanan bisa menikmati indahnya pemandangan, dan segarnya udara yang dihasilkan.

Jalan Lingkar Timur Jatigede, juga membuat akses dari Priangan Timur menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) semakin mudah. Melalui Malangbong, Wado, Jatinungal, Jatigede, dan seterusna ke Tomo dan Kadipaten. Perjalanan ini bisa menikmati indahnya Waduk Jatigede, ditambah beberapa destinasi untuk wisata kuliner dan selfie.

Lanjutkan perjalanan Anda ke Kiri menuju Kota Sumedang dan Bandung, Ke Kanan menuju Tol Cipali (Jakarta atau ke Cirebon)

Dalam beberapa kesempatan, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, berharap dengan adanya kemudahan akses ini akan meningkatkan pendapatan masyarakat, atau memotong biaya produksi dan distribusi barang dan jasa, sehingga akan meningkatkan pendapatan. “Meningkatnya pendapatan masyarakat, tentu akan berimplikasi pada perbaikan ekonomi dan taraf hidup. Potensi ini harus kita tangkap, agar menjadi nilai tambah dalam perbaikan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat OTD Jatigede,” ucap Bupati. (Rauf Nuryama)***

Hits: 35