Jelang Munas I, JMSI Raih Rekor Dunia Dari MURI

TiNewss.com – Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan apresiasi kepada Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI). Jaya Suprana, menyampaikan diraihnya Rekor Dunia oleh JMSI atas penyelenggaraan Lomba Baca Puisi antar Wartawan yang dilakukan secara virtual.

“Piagam penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia No 9515/R.MURI/VI/2020. Dianugerahkan atas Rekor Lomba Membaca Puisis secara virtual pertama oleh wartawan di Indonesia. Rekor Dunia ini, dianugerahkan kepada JMSI (Jaringan Media Siber Indonesia,” kata Jaya Suprana yang disampaikan melalui Zoom Meeting, Minggu (28/8/2020)

“Rekor ini berlaku seumur hidup, dan akan batal jika ada yang melakukan klaim bahwa ada penyelenggara lain, dengan menyampaikan bukti-bukti,” tambahnya.

Jaya memberikan apresiasi kepada JMSI, yang melakukan inisiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Menurutnya, wartawan dan sastrawan adalah dua kegiatan yang memiliki tujuan yang sama. Namun Wartawan berbeda dengan sastrawan.

Sastrawan biasa, kata Jaya, tidak punya tanggungjawab atas kebenaran apa yang dia tulis, Wartawan lebih sulit. Dia harus bertanggungjawab atas kebenaran apa yang ditulis.

“Jadi menurut saya, seorang Wartawan yang sastrawan itu betul-betul seorang sastrawan yang lengkap,” tambah Jaya.

Untuk diketahui bahwa kegiatan lomba baca puisi ini dilakukan dalam rangkaian Musyawarah Nasional (Munas) I Jaringan Media Siber Indonesia. Munas sendiri sudah sudah dibuka secara virtual oleh Menko Perekonomian pada tanggal 23 Juni 2020. Dan Munas akan diselengarakan pada 29 Juni 2020.

Munas I JMSI seyogyanya akan diselenggarakan di Pekanbaru, Riau, namun karena suasana pandemi, akhirnya Munas dilakukan secara Virtual.

Selain lomba pembacaan puisi, juga digelar diskusi virtual pada 16, 18, dan 20 Juni 2020. Diskusi menghadirkan tiga Duta Besar RI untuk tiga negara, yakni Republik Rakyat China, Republik Korea, dan Republik Vietnam.

Selanjutnya pada 25 Juni, JMSI menggelar diskusi yang membahas tantangan media siber di era pandemi, dengan menghadirkan dua pembicara yakni pendiri CekNRicek Ilham Bintang dan pendiri Jagaters Joko Intarto.

JMSI dideklarasikan pada 8 Februari 2020 saat penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, oleh pemilik dan pengelola media massa berbasis internet atau media siber dari 21 provinsi.

Di acata lomba baca puisi, plt Ketua Umum JMSI, Mahmud Marhaba, mengatakan, di tengah persiapan menuju Munas, kita gelar Lomba Pembacaan Puisi yang diikuti kurang lebih 43 orang.

“Kami sudah bagi per wilayah,” ujar Mahmud saat membuka perlombaan yang digelar secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, Minggu (28/6).

Selain diikuti wartawan, lomba baca puisi itu juga menghadirkan ekonom senior DR. Rizal Ramli, aktivis prodemokrasi Adhie Massardi, pengamat komunikasi politik Hendri Satrio, wartawan senior Asro Kamal Rokan, dan mantan anggota DPR RI Ahmad Yani.

Moderator acara, Teguh, menyampaikan bahwa lomba baca puisis yang diikuti wartawan dari seluruh Indonesia sebagai relaksasi menuju Munas yang akan diselenggarakan esok. (Rauf Nuryama)***

Hits: 12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *