Kapolres Sumedang Tinjau Posko Kesehatan Terpadu di Lokasi Karantina Wilayah Parsial Jatinangor

Sumedang, TiNewss.com – Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana melakukan peninjauan Posko Kesehatan Terpadu di Pool Damri, Jatinangor Kabupaten Sumedang, Selasa (7/4/2020).

Lokasi posko telah di tetapkan Bupati Sumedang sebagai salah satu Zona yang masuk Karantina WIlayah Parsial di Kabupaten Sumedang. Dilokasi ini, petugas gabungan melakukan operasi simpatik dan pemeriksanaan kesehatan para awak transportasi termasuk penumpang dari luar kota menuju Kabupaten Sumedang.

“Ini salah satu titik masuk dari Kabupaten Bandung atau jalur yang melalui ini, menuju Kabupaten Sumedang,” terang Kapolres kepada Media pasca melakukan peninjauan.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan bahwa peninjauan yang dilakukan untuk memastikan kesiapan angotanya termasuk tim gabungan lain yang bertugas di lokasi.

“Ya tadi, Kita telah melakukan pengecekan kesiapan personil yang bertugas, sarana prasarana pendukung dan situasi secara umum di Jatinangor ini,” katanya.

Untuk diketahui bahwa Posko Kesehatan Terpadu Jatinangor merupakan wilayah perbatasan anatara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang.

Adapun personil yang terlibat berasal dari beberapa instansi terkait, seperti Polri, TNI, dari unsur Pemerintah yakni Dishub, SatpolPP, dan Petugas dari Dinas Kesehatan.

Lebih lanjut Kapolres Dwi Indra mengatakan tujuan dibentuknya posko kesehatan terpadu adalah dalam rangka kesiapsiagaan dan upaya pencegahaan penyebaran virus Corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Sumedang melalui pola pemeriksaan terhadap para penumpang khususnya angkutan umum yang datang dari wilayah luar Kabupaten Sumedang.

Adapun di lokasi ini, warga yang turun dari Bis atau Elf, dilakukan pemerikasaan meliputi :

  • Pengecekan Suhu tubuh para penumpang
  • Pemberian fasilitas cuci tangan bagi setiap penumpang
  • Himbauan dan edukasi SOP pencegahan Covid-19
  • Mencatat identitas penumpang/pendatang khususnya yang datang dari wilayah yang dikategorikan wilayah Zona terpapar Covid-19

Turut hadir mendampingi Kapolres, diantaranya Kapolsek Jatinangor Komp[ol Denny Solichin, Camat Jatinangor Syarif Effendy Badar, Danramil Jatinangor Kapten Inf. Lilo, Kasat Intelkam Polres Sumedang AKP Kurniawan, Kasat Lantas Polres Sumedang AKP Yudiono, Kasat Sabhara AKP M. Wahidin Agusni,Personil Gabungan TNI, Polri, Sat.pol PP, Dishub dan Puskesmas. (Rauf Nuryama)***