Kebun Teh Margawindu, Wabup : Surganya Pulau Jawa

Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan Bersama keluarga di Salah satu Lokasi Wisata Kebun Teh Wargawindu, Sumedang (Doc: Istimewa)

Sumedang, TiNewss.com – Keindahan Kabupaten Sumedang sudah banyak dinekal banyak orang dari berbagai negara sejak jaman dulu. Berbagai julukan diberikan kepada Sumedang. Het Paradijs Van Java, Italy of East, atau Sumedang Kota Buludru. Semua menggambarkan bahwa Sumedang memang Indah. Termasuk salah satunya yang sangat indah adalah Wisata Alam, Kebun Teh Margawindu.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan kepada Repoter TiNewss.com, (31/5/2020).

“Salah satu program Kami di Sumedang Simpati, adalah mewujudkan Sumedang kembali menjadi Kota Buludru. Kota yang Indah, menjadi tempat yang nyaman untuk wisata. Bak Surga yang berada di Jawa seperti dulu Belanda menulisnya, Hets Paradijs Van Java,” kata Wabup.

Wabup juga bersyukur, karena Sumedang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Gunung yang hijau, langit yang biru, dan air mengalir yang jernih.

“Ini ada di Sumedang salah satunya adalah Kebun Teh Margawindu,” katanya.

Wabup juga mengatakan, sesekali dia bersama keluarga disela kesibukan rutinitas kerja bersama keluarga sering mengunjungi Kebun Teh Margawindu.

Di Kebun Teh Margawindu ini, para wisatawan dapat menikmati indahnya hamparan tanaman teh yang menghijau. Ditambah pula dengan kesejukan hawa di sekitarnya. Membuat kawasan ini menjadi destinasi ideal untuk rekreasi, refreshing, atau menenangkan diri sejenak dari rutinitas kerja.

Kawasan kebun teh ini cukup berbeda dengan yang ada di kawasan Puncak. Karena letaknya cukup jauh dari jalan raya dan pusat keramaian. Lebih tepatnya, lokasinya berada di Desa Citengah, Sumedang Selatan. Untuk mencapai kawasan wisata ini, diperlukan sekitar 30 hingga 45 menit berkendara dari Kota Sumedang.

Desa Citengah memiliki wilayah yang berbukit-bukit dengan ketinggian yang bervariasi. Wilayahnya dikelilingi oleh ketinggian perbukitan, termasuk di bagian tengahnya. Hanya di bagian utara saja yang memiliki celah berbentuk cekungan yang menjadi tempat mengalirnya Sungai Cihonje ke arah utara.

Perbukitan di Desa Citengah didominasi oleh lahan kehutanan, sehingga tidak mengherankan jika bagian selatan sampai tengah sampai ke utara didominasi oleh lahan menghijau.

Lahan selain kehutanan terletak di wilayah yang lebih rendah, terutama di bagian utara yang mengikuti aliran beberapa anak sungai yang bermuara di Sungai Cihonje. Di bagian timur, di antara lahan kehutanan terdapat lahan perkebunan teh yang dikenal dengan Margawindu dengan pemukiman penduduknya yang dikenal dengan nama Kampung Cisoka.

Pemukiman penduduk sebagian besar berada di dataran rendah di bagian utara wilayah desa.

Wabup mengajak para wisatawan lokal maupun luar untuk mengunjungi destinasi wisata Kebun Teh Margawindu, karena tidak kalah indah dengan tempat wisata yang lain. (Agus B Aripin)***

Hits: 112