Kunci Sukes Diri dalam Bidang Apapun: Trust!

Pengalaman pengusaha sukses Bob Sadino, ketika ditanya apa yang membuatnya sukses berbisnis, “Trust.”

Trust dalam Cambridge Dictionary adalah to believe that someone is good and honest and will not harm you, or that something is safe and reliable. Dengan demikian bahwa baik, jujur dan tidak membahayakan orang lain yang mempercayai kita adalah hal utama yang harus dijaga. Sekali saja kita mengecewakan orang yang mempercayai kita, maka selamanya kita akan sulit dipercaya lagi.

Kepercayaan adalah hal utama baik dalam hubungan sesama manusia, hubungan bisnis, hubungan kerja maupun dalam berbagai kehidupan. Berat memang menjaga kepercayaan itu, godaanya banyak. Tetapi disinilah ujiannya. Makin kuat menjaga kepercayaan, makin besar kepercayaan yang diberikan.

Saya memiliki pengalaman mendekati 10 tahun memiliki Kepala Sekolah yang tidak pernah saya ganti. Persoalannya adalah masalah kepercayaan. Kepala sekolah tersebut sampai saat ini, tidak memiliki cacat, selalu menjaga amanah. Jadi tidak ada alasan untuk menggantinya.

Pengalaman lain, dalam bidang usaha, saya pernah mengangkat seorang manager. Tapi ternyata dalam hitungan bulan, sang manager bekerja atas nama perusahaan tapi laporan ke perusahaan tidak ada. Dengan kata lain, manager tersebut mengambil untung untuk diri sendiri. Dan sejak ketahuan, sang manager diberhentikan. Entah bagaimana nasibnya, karena ternyata ditempat sebelumnya juga berbuat demikian.

genieesspv.jp, 34755, RESELLER

Dari dua cerita ini setidaknya memberikan gambaran bahwa kepercayaan itu ada yang berakhir baik dan ada yang berakhir tidak baik. Bagi kepala sekolah yang memegang teguh kepercayaan yayasan, beliau bisa bekerja dengan tenang dan bahagia sampai saat ini. Tetapi bagi sang manager yang tidak amanah terhadap kepercayaan yang diberikan pemilik perusahaan, tidak berakhir baik.

Dalam ilustrasi, seorang ibu percaya bahwa anak yang ia lempar ke atas akan kembali ke dalam pelukannya. Dan seorang anak juga sangat yakin bahwa ia dilempar ibunya ke atas akan kembali dalam pelukan ibunya. Manakala sekali saja si ibu lalai sehingga anaknya terpeleset ke lantai, selamanya anak akan memiliki trauma.

Sekali saja berbuat merusak kepercayaan, maka bisa jadi kepercayaan berikutnya sulit diperoleh. Menumbuhkan kepercayaan lagi akan sangat sulit. Oleh karena itu, selama kita dipercaya jagalah kepercayaan itu. Karena menjaga kepercayaan akan membawa kita sukses dalam berbagai kehidupan. Semoga!*

Hits: 17