Lengkapi Jalan Lingkar Barat dan Timur, Kini Jalan Lingkar Utara Segera Di Bangun di Jatigede Sumedang

Sumedang, TiNewss.com – Pembangunan jalan baru dan perbaikan jalan lama yang rusak terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumedang. Hal ini untuk memudahkan akses, mobilisasi dan tentu berharap menjadi dasar bagi pertumbuhan ekonomi wilayah yang bersangkutan. Pembangunan Jalan baru, di prioritaskan menuju lokasi wisata, sesuai dengan keinginan Bupati menjadikan Sumedang sebagai Kabupaten Pariwisata Tingkat Dunia.

Sejalan dengan hal ini, jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang yang dipimpin langsung Bupati H. Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati H. Erwan Setiawan melakukan monitoring dan survei lapangan ke lokasi pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede, Rabu (5/2/2020).

“Target selesainya tahun depan dan nanti ini bisa berlanjut sehingga Jatigede nanti betul-betul dikelilingi oleh jalan yang sangat bagus. Ada Lingkar Timur, Barat, dan Utara sehingga akan memudahkan orang mengakses ke Jatigede dan menikmati pemandangan alam dari pesisir Jatigede lewat jalan-jalan yang bagus tersebut”, kata Bupati kepada Tinewss.com.

Tampak Dalam Foto, Plt Sekdin PUPR, Dandim 0610/Sumedang, Bupati dan Satker Jatigede

Rencana pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede diyakini akan memberikan dampak terhadap kemajuan pembanguan wisata Jatigede, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat di sekitar Waduk Jatigede.

“Kami ingin meyakinkan bahwa titik yang dibangunnya betul-betul fungsional dan bisa berdampak pada pengembangan wisata di sekitar Jatigede serta mempermudah akses masyarakat di wilayah tersebut,” ujar Bupati yang diaminkan oleh Wakil Bupati.

Dony juga menjelaskan bahwa tanggungjawab pembangunan ini ada pada Pemerintah Pusat dalam hal ini adalah Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia. Dan tahun 2020, Pemerintah akan menggelontorkan anggaran hingga Rp 3,8 Milyar.

Alhamdulillah Kementerian PUPR tahun ini telah menganggarkan Rp. 3,8 Milyar khusus untuk ruas Jalan Lingkar Utara Jatigede ini. Kami berharap akses menuju destinasi wisata seperti Tanjungduriat dan Cisema bisa didahulukan,” tuturnya

Turut hadir mendampingi Bupati, diantaranya, Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana, SIK., M.Si, Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han), Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, para Kepala SKPD, Forkopimka Cisitu dan Darmaraja, serta dari unsur Satker Jatigede.

Menurut rencana Jalan Lingkar Utara ini akan menghubungkan Pasiringkik di Kecamatan Cisitu dengan Cijeungjing, Kecamatan Jatigede. Jalan baru ini, diperkirakan sepanjang KM. Dari 12 KM yang akan dibangun, baru sekitar 8 KM saja yang sudah selesai pembebasan lahannya, sisanya sekitar 4 KM masih dalam tahap proses. 

Reboisasi Gunung Julang

(Ki-Ka) Dandim 0610/Sumedang, Kapolres Sumedang, Bupati, Wakil Bupati, Sekda, dan Kadis LHK Kabupaten Sumedang

Dalam rangkaikan kegiatan ini, rombongan Bupati juga melakukan penghijauan. Tidak kurang dari 500 bibit pohon ditanam secara simbolis di bekas galian Gunung Julang Kampung Cipeuteuy Desa Cisitu Kecamatan Cisitu yang materialnya digunakan saat pembangunan Waduk Jatigede.

“Kami terus mensupport dan mengarahkan bagaimana pemerintah melakukan penghijauan. Reklamasinya harus dilaksanakan dengan baik. Begitu pula pengusahanya harus melakukan penghijauan di daerah sekitar bekas tambang batu ini,” ucap bupati.

Senada dengan Bupati, Wabup Erwan, menyampaikan kalau Pemkab Sumedang juga akan melakukan penghijauan, dengan melakukan reboisasi di area ini.

“Kita insyaallah nantinya akan melakukan reboisasi di bekas galian daerah Gunung Julang, karena kami ingin gunung julang ini hijau kembali, sehingga tidak akan ada dampak negative setelah dilakukan ekplorasi tetapi reklamasinya juga harus dilakukan secara baik” pungkasnya. (Rauf/Rifki)

%d blogger menyukai ini: