Mirip China, Indonesia Memiliki Rumah Sakit Khusus Corona Di Pulau Galang

Sumedang, TiNewss.com – Indonesia memastikan diri memiliki Rumah Sakit khusus corona. Hal ini seperti di China, yang dibangun dalam kurun waktu yang super cepat. Walaupun tidak sebesar Rumah Sakit Darurat Corona di Wuhan, kita juga mampu membangun rumah sakit darurat hanya dalam waktu 8 hari. Salam hormat untuk seluruh pekerja yang telah merampungkan Rumah Sakit Darurat Corona di Pulau Galang

Demikian disampaikan netizen di twitter, @sigitwid (1/4/2020).

Rumah sakit ini diakui Presiden Joko Widodo sedikit terlambat. Operasional Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Pulau Galang, Kepulauan Riau, mengalami keterlambatan sekitar empat hari dari target yang telah ditentukan.

“Memang ada keterlambatan tiga empat hari. Karena ada transportasi bahan material yang terkendala karena cuaca,” kata Jokowi di sela meninjau Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Pulau Galang, Kepulauan Riau, Rabu (1/4/2020)

“Ini maksimal Senin sudah bisa dioperasikan,” ujar dia.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com Presiden Jokowi sebenarnya berharap agar rumah sakit tersebut tidak sampai digunakan sama sekali. Namun, pemerintah perlu menyiapkan antisipasi kemungkinan adanya lonjakan pasien.

Rumah sakit tersebut mempunyai 360 tempat tidur untuk mengisolasi para WNI yang baru kembali dari luar negeri, khususnya dari negara yang terjangkit virus corona.

Selain itu, ada 20 tempat tidur yang disiapkan di ruang Intensive Care Unit (ICU) serta 30 ruangan isolasi khusus non-ICU. Presiden Jokowi menambahkan, nanti ketika pandemi Covid-19 berakhir, rumah sakit ini akan digunakan khusus untuk menangani penyakit menular sekaligus lokasi risetnya.

“Sejak awal ini dibangun untuk siapkan. Kalau semuanya selesai, baru kita alihkan untuk penggunaan lain. Rencananya untuk rumah sakit penyakit menular dan riset penyakit. Riset dan rumah sakit penyakir menular,” ujar Jokowi.

“Semuanya ini memang kita rencanakan dan siapkan. Kita berharap tidak terjadi (dipakai) tapi paling tidak kita siap (kalau dibutuhkan),” lanjut dia.

Sumber : Akui Ada Keterlambatan, Jokowi Sebut RS Pulau Galang Baru Beroperasi 6

Yuk Tonton Video Proses Pembuatan Rumah Sakit Khusus Corona