MTI Cirebon Raya Resmi Dilantik, Yuk Kepoin Programnya(?)

Cirebon, Tinewss.com – Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Cabang Cirebon Raya resmi di lantik penerimaan SK dan susunan pengurus ini di laksanakan di salah satu hotel di Jakarta pada 18 Desember 2019 lalu, MTI Cirebon Raya memiliki peran besar dalam perubahan maupun gagasan masalah transportasi dan untuk mendorong masyarakat kembali gemar menggunakan transportasi umum baik darat,laut maupun udara. 

Di sisi lain, Organisasi ini juga akan mengkritisi kebijakan pemerintah daerah maupun pusat agar menyediakan transportasi yang aman, nyaman, murah, dan tersedia bagi masyarakat. Tidak hanya armada, MTI juga akan mengawal kebijakan pemangku kepentingan untuk menyediakan sarana transportasi lainnya seperti trotoar yang layak, jalan raya yang baik, marka jalan, rambu – rambu, dan lainnya. 

Pelantikan Pengurus Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Cirebon Raya (Doc/Tinewss/Jhon)

Ketua MTI Cirebon Raya yang juga sebagai Dosen praktisi di D3 Kehumasan Transportasi Udara Universitas Muhammadiyah Cirebon,  Anton Octavianto mengatakan, wilayah Cirebon tengah berkembang terutama sektor perdagangan dan pariwisatanya. Untuk itu, pihaknya mendorong pemerintah untuk menyediakan sarana transportasi yang pro dan nyaman kepada masyarakat.

“Wisatawan dari berbagai daerah akan datang ke Cirebon. Kalau sarana transportasinya, baik armada maupun lainnya tidak mendukung maka Cirebon akan ditinggalkan,” katanya, Jumat, (20/12/2019).

Menurutnya, jika transportasi yang aman, nyaman, murah, dan cepat dapat terwujud maka masyarakat maupun wisatawan akan beralih ke transportasi umum dan itupun menjadi suatu tanda akan kemajuan kota tersebut.

“Kita bisa belajar dari negara-negara maju seperti Jepang dan Perancis yang memiliki transportasi umum terpadu dan nyaman. Jika seperti itu, maka masyarakat akan beralih ke transportasi perkotaan umum,” imbuhnya.

Pihaknya pun, mengingatkan kepada masyarakat agar menyikapi dengan bijak terkait promo murah, harga murah, DP murah, cicilan ringan pada penjualan mobil baru. 

“Sekarang sedang marak mobil dan motor murah, misi kita merubah pola pikir masyarakat Indonesia maupun Cirebon untuk menggunakan transportasi umum,” tuturnya.

Ia menambahkan, kedepan pihaknya bersama pemerintah daerah, DPRD, dan instansi terkait akan menciptakan public transportation yang ramah pengguna.

“Kita akan searah bersama Pemda, DPR, dan instansi lainnya untuk mewujudkan public transportation yang teratur, terawat, dan terpadu,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) adalah sebuah organisasi profesi independen dalam menyikapi permasalahan transportasi di Indonesia di antaranya darat,laut, udara dan logistik.  Organisasi profesi ini di dalamnya darat, laut, udara dan logistik itu komponen penting masyarakat transportasi Indonesia sekaligus pemerhati, mengkritisi kebijakan kebijakan atau masalah-masalah yang berkaitan dengan transportasi, Indonesia adalah negara kepulauan sehingga transportasi udara menjadi output kita.

“Contoh kaya di bandara , kantin ruang tunggu di bandara itu kita kritisi, kecepatan kereta api, jadwal kereta api harga tiket, Jadi Masyarakat transportasi Indonesia, masyarakat orang-orang pemerhati dan mengkritisi kebijakan kebijakan atau masalah-masalah yang ada kaitannya dengan transportasi darat laut udara” jelasnya

MTI membangun aliansi dengan berbagai organisasi nasional dan internasional dalam mendorong diskursus publik dalam isu-isu nasional dan lokal transportasi diharapkan kebijakan publik dalam bidang transportasi dapat diimplementasikan sehingga memberikan kontribusi bagi pembangunan berkelanjutan.  (Jhon)