Peduli dengan Pelayanan Kesehatan, Ini Yang akan dilakukan Bupati Sumedang Tahun ini

Sumedang,TiNewss.com – Pemerintah Kabupaten Sumedang akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan di puskesmas pada tahun 2019. Demikian disampaikan Bupati Sumedang, sebagaimana disampaikan dalam Media Sosial Facebook @Dony Ahmad Munir. (31/1/2019)

“Selain membangun gedung puskesmas baru juga dilakukan rehabilitas bangunan. Pemerintah juga meningkatkan pelayanan puskesmas menjadi rawat inap dan Poned serta melengkapi fasilitas kesehatan. Beberapa bangunan puskesmas pembantu atau pustu juga dilakukan rehab”kata Bupati Sumedang ini.

Lebih lanjut, Dony menyampaikam bahwa yang paling utama, selalu jaga kesehatan, jaga kebersihan lingkungan, makan makanan yang sehat dan rutin berolahraga.

Ketika dikonfirmasi ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Awak dari TiNEWSS diterima oleh Kasubag Program, Ekky Riswandiyah Utomo. Dalam penjelasan, Ekky membenarkan bahwa Tahun ini akan dibangun beberapa Puskesmas, relokasi, dan penambahan bangunan ke lantai 2.

Masih menurut Ekky, Pembanguan gedung baru dan relokasi diperuntukan bagi Puskesmas Cisitu, sedangjan Pembangunan Ruangan Baru Rawat Inap untuk  Puskesmas Sukasari, dan Rehab puskesmas masing-masing Puskesmas Jatinangor, Cisarua, Jatigede, dan Rancakalong.

“Ada pula pembangunan  lantai 2 puskesmas yaitu Puskesmas Hariang, Sawah Dadap, dan Wado,” tambah Ekky. Sedangkan untuk Puskesmas Darmaraja akan dibangun IPAL (Instalasi Pengolahan air limbah).

Ekky Juga Menjelaskan, akan melakukan relokasi Katarak center,  ke Pasanggrahan dari Puskesmas Kota Kaler. 

Ketika ditanya tentang Anggaran. Ekky menjelaskan “secara total lebih dari Rp 7 Milyar. Dengan Sumber Anggaran dari Banprop, DAK, dan Pajak Rokok”.(Rauf Nuryama) ***