Polisi Kawal Penyaluran Bansos Di Sumedang

TiNewss.com – Dalam upaya mengantisipasi penyalahgunaan Bantuan Sosial (Bansos) di Kabupaten Sumedang, Polres Sumedang secara aktif melakukan pengawalan dan monitoring kegiatan distribusi bantuan tersebut.

Hal ini disampaikan Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana, melalui Unit Ekonomi Sat Intel Polres Sumedang, kepada Kontributor TiNewss.com, Minggu (9/8/2020)

“Kami, dari Kepolisian Resor Sumedang melakukan sinergitas antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, Kodim 0610 Sumedang dan seluruh stake holder dalam mengawal serta monitoring sekaligus melakukan pengamanan di setiap kegiatan penyaluran/pendistribusian Bansos kepada warga masyarakat Sumedang yang berhak,” katanya.

Masih menurutnya, pendistribusian atau penyaluran Bansos dampak covid-19 di Kabupaten Sumedang secara umum berjalan dengan aman dan kondusif.

“Kami berusaha untuk melakukan upaya dalam mengantisipasi penyalahgunaan bantuan sosial yang di berikan oleh pemerintah kepada masyarakat,” katanya ketika dikonfirmasi apa tujuannya melakukan pengawalan.

Lebih lanjut, Kanit 2 Intel menyampaikan bahwa melalui sejumlah tahapan terhadap masyarakat terkena dampak penanganan peyebaran Covid 19 khususnya hingga saat ini agar berlangsung berjalan cukup baik.

“Secara umum kerjasama yang terjalin sangat baik. Namun demikian, beberapa hal menjadi catatan kami, untuk dilakukan perbaikan. Seperti kriteria penerima dan juga kurang validnya data penerima. Kami masih mendapatkan laporan adanya penerima ganda, serta penerima yang telah meninggal dunia. Hal ini, Kami pahami, Karena data yang ada di peroleh dari hasil sensus pada tahun 2015 lalu,” tambahnya.

Koordinasi yang dilakukan ini merupakan upaya dari pihak kepolisian Polres Sumedang untuk menjaga kondusivitas dan juga penyelewangan yang mungkin saja terjadi yang di lakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dan sejauh ini koordinasi dan pengawasan telah di lakukan dengan beberapa dinas dan intansi terkait, seperti halnya, dinas sosial, bank Sumedang, PT pos Indonesia cabang Sumedang, pemerintah Desa, bulog dan juga intansi lainnya.

Polres Sumedang akan terus melakukan koordinasi dan juga pengawasan terhadap bantuan yang turun dari pemerintah. Sehingga seluruh program bansos yang diselenggarakan oleh Kemensos RI, Provinsi Jabar, Pemkab Sumedang, serta sumber bantuan Dana Desa dan Kementrian Perikanan kelautan dan kelautan RI dapat berjalan dengan lancar dan kondusif sesuai prinsip 6T yaitu tepat sasaran, tepat kualitas, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu dan tepat administrasi.

Dihubungi Secara terpisah, Kepala Dinas Sosial P3A kabupaten Sumedang, Agus Muslim, mengaku merasa senang dan terbantu atas upaya Kepolisian Polres Sumedang melakukan Koordinasi sehingga tahapan penyaluran bansos dapat berjalan dengan lancar dan transparan.

“Kita sama sama melakukan pengawasan dan evaluasi di setiap kegiatan penyaluran sehingga temuan tenuan dilapangan dapat di perbaiki dikemudian hari, dan kita juga bisa sama sama melihat tekhnis pendistribusian serta kendala dilapangan yang terjadi, dan diharapkan bansos ini sangat membantu khususnya bagi warga masy yang terkena dampak penanganan penyebaran covid 19,” tutur Agus melalui saluran telepon, Sabtu (9/8/2020).

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •